close

Jatim

KOLOM

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Bulan Puasa, Stok dan Harga Barang Pokok di Ponorogo Aman dan Stabil

Dari sidak di lima titik pusat perdagangan dan area gudang itu, didapati stok kebutuhan pokok masih banyak, sedangkan harganya pun stabil. Bahkan ada beberapa barang yang mengalami penurunan harga, seperti daging ayam potong.

Pengacara Minta Hakim Pindahkan Penahanan Ahmad Dhani dari Surabaya ke Jakarta

"Kami juga meminta kepada Majelis hakim untuk pemindahan terdakwa ke Jakarta, mengingat sudah tidak ada lagi persidangan dan menunggu putusan," kata Aldwin

Mayat Perempuan Korban Mutilasi Ditemukan di Pasar Besar Malang

Kawasan Pasar Besar di Kota Malang, Jawa Timur, dihebohkan dengan adanya penemuan mayat yang diduga korban mutilasi setelah sebelumnya para pedagang di kawasan pasar tersebut mencium bau yang menyengat.

Digratiskan Hingga Lebaran, Akses Tol Pandaan-Malang Sudah Dibuka

"Gratis, supaya mudik semakin lancar tidak membebani masyarakat, ini pas mau Lebaran saja," kata Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Turun 1 Kursi DPR RI, Inilah Perolehan Kursi PPP untuk DPRD Jatim dan DPR RI

"Perolehan Kursi PPP untuk DPRD Jatim pada Pemilu 2019, Dapil Jatim 1 sampai Dapil Jatim 14 jumlah 120 alokasi kursi DPRD Provinsi Jatim, PPP memperoleh 5 kursi DPRD Jatim," ungkap Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LP2) DPW PPP Jatim, Abdul Rasyid

Hasil Pemilu 2019: PDIP dan PKB Dapat Usung Calon Gubernur Jatim Tanpa Berkoalisi dengan Partai Lain

Jika melihat persentase kursi yang berhasil diraih partai politik di Pemilu 2019 ini, maka terlihat hampir seluruh partai mengalami penurunan persentase jumlah kursi. Hanya PDI Perjuangan dan Partai NasDem yang memperoleh kenaikan persentase kursi signifikan di DPRD Jatim.

PBB Raih 1 Kursi DPRD Jatim, Begini Perbandingan Perolehan Kursi Parpol di Pemilu 2019 VS 2014

Yang berbeda di Pemilu 2019 ini, Partai Bulan Bintang (PBB) setelah sekian lama tidak menempatkan wakilnya di DPRD Jatim, kali ini berhasil mendapatkan 1 kursi.

Dipimpin PDIP dengan 27 Kursi, Inilah Daftar Caleg Yang Akan Duduk di DPRD Jatim 2019-2024

Dengan jumlah kursi tersebut, dipastikan PDI Perjuangan akan mendudukkan kadernya sebagai Ketua DPRD Jatim periode mendatang, yang sebelumnya diduduki kader PKB sebagai pemenang Pileg 2014 di Jatim dengan 20 kursi.

Raih Lebih 2,2 Juta Suara, La Nyalla Akan Wakili Jawa Timur Sebagai DPD RI

Berdasarkan data salinan yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, La Nyalla mendapatkan total 2.267.058 suara.

Kapolda Nyatakan Pemilu di Jatim Berjalan Dengan Aman dan Kondusif

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 berjalan aman dan kondusif seiring berakhirnya rekapitulasi perolehan suara...

Rekapitulasi KPU Jatim Selesai: Jokowi Menang Telak 65,79 Persen, Prabowo 34,21 Persen

Dari hasil rekapitulasi 38 Kabupaten/Kota yang ada di Jatim, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin menang dengan telak dari pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Pemilu 2019: Hanura Hilang dari DPRD Surabaya Digantikan PSI, Berikut Perbandingan Kursi 2014 VS 2019

Partai Demokrat, pada Pemilu 2014 mampu meraih 6 kursi di DPRD Kota Surabaya, berkurang 2 kursi menjadi 4 kursi di Pemilu 2019.

Mengejutkan: Raih 4 Kursi DPRD Surabaya, PSI Sejajarkan Diri dengan Demokrat dan Kalahkan 3 Parpol Lama

Untuk pemilihan legislatif tingkat DPRD Kota Surabaya, suara terbanyak diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dengan total dukungan warga Surabaya sebanyak 418.872 suara.

Rekapitulasi Selesai: Inilah Perolehan Suara dan Caleg Yang Akan Duduk di DPRD Surabaya

Dalam repat pleno rekapitulasi yang telah berlangsung sejak 30 April 2019 yang lalu, telah ditetapkan hasil rekapitulasi untuk Pilpres 2019, dan Pemilihan Legislatif untuk DPRD Kota, Provinsi, DPR RI, dan DPD RI.

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim: Dari 23 Kabupaten/Kota, Prabowo Hanya Menang di 2 Daerah Ini

Di Pacitan yang merupakan kampung Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo-Sandiaga berhasil meraih dukungan cukup telak di 66,51 persen, meninggalkan Jokowi-KH Ma’ruf di 33,49 persen.

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim: Jokowi Unggul Telak dengan Selisih Lebih 5 Juta Suara

Dimana, dari 21 Kabupaten/Kota yang dimenangkan Jokowi berhasil mendulang 8.800.340 suara. Sementara Prabowo-Sandiaga hanya mampu mendapat suara warga Jatim sebanyak 3.732.965 suara.

Rekapitulasi KPU Jatim: Selesai 23 Kabupaten/Kota, Jokowi Unggul Telak 70,22 Persen

Total suara sah dari 23 Kabupaten/Kota tersebut berjumlah 12.533.305 suara. Dan dari jumlah suara sah tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf unggul telak dengan merah 70,22 persen, atay sejumlah 8.800.340 suara.

Jokowi Menang Telak di Surabaya, Saksi Prabowo Tolak Tandatangan Atas Instruksi BPP 02

Pria yang juga ketua Laskar Front Pembela Islam (FPI) Surabaya ini, menolak untuk menjelaskan apa yang jadi penyebab ia menolak menandatangani rekapitulasi yang ia hadiri sedari awal tersebut.

Rekapitulasi KPU Surabaya Selesai: Jokowi Menang Telak, Raih Dukungan Lebih 1,12 Juta Suara

Pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf unggul dengan mengumpulkan 1.124.966 suara atau 69,94 persen dari total suara sah yang berjumlah 1.608.369 suara.

Agar Tak Ada Intervensi, Polda Jatim Ambil Alih Kasus Oknum Pilot Lion Aniaya Pegawai Hotel

Barung tidak menjelaskan, apakah ada intervensi yang dialami penyidik Polrestabes Surabaya saat menyidik kasus tersebut, termasuk dari pihak maskapai penerbangan Lion Air.

Rekapitulasi KPU Jatim: Prabowo Hanya Menang di Daerah Asal Ketum Partai Demokrat

Dari 15 Kabupaten/Kota tersebut, sebanyak 14 dimenangkan Jokowi-KH Ma'ruf, sementara hanya 1 Kabupaten yang berhasil dimenangkan Prabowo-Sandiaga, yakni Kabupetan Pacitan yang merupakan kampung dari Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rekapitulasi KPU Jatim: Selesai 15 Kabupaten/Kota, Jokowi Unggul Telak 67,55 Persen

Dari hasil rekapitulasi sementara tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf unggul telak dengan selisih sebanyak 2.185.473 suara dari Prabowo-Sandiaga.

Rekapitulasi KPU Surabaya: Jokowi Sapu Bersih 27 Kecamatan, Unggul 70,07 Persen

Dari rekapitulasi yang telah selesai tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf unggu telak dari pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Walau Seluruh Legislatornya Ditangkap KPK, Kursi PDIP Malah Meningkat di DPRD Kota Malang

Bahkan, Ketua DPRD Kota Malang yang merupakan kader PDIP, Arief Wicaksono ikut ditangkap berikut penggantinya Abdul Hakim yang tersandung kasus yang sama.

Rekapitulasi Surabaya Selesai 20 Kecamatan, Jokowi Masih Unggul 70,84 Persen

Dari rekapitulasi yang telah selesai tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf masih unggul dari pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Ucapkan Selamat Pada Jokowi-KH Ma’ruf, SBY: Saya Menyambut Baik dan Mendukung Penuh

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6, atas kepercyaan rakyat yang diberikan kepada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang," tutur SBY.

Yusril: Puluhan Pengacara Berpengalaman Disiapkan TKN Untuk Hadapi Gugatan BPN di MK

Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin yang dikoordinir Yusril Ihza Mahendra bekerjasama dengan Tim Hukum dan Advokasi TKN menyiapkan puluhan pengacara yang biasa berpraktik di Mahmakah Konstitusi (MK) untuk menghadapi sidang perkara sengketa di MK.

Peserta Aksi Damai Tuntut Kecurangan Pemilu di Depan Bawaslu Berbuka Puasa Bersama

Peserta aksi damai menuntut pengusutan dugaan kecurangan pada Pemilu 2019 berbuka puasa bersama di sekitar Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) petang.

Inilah Partai Yang Berhasil dan Gagal Lolos Ambang Batas DPR RI

Hasil penetapan rekapitulasi penghitungan suara nasional Pileg DPR RI 2019, di Jakarta, Selasa (21/5) dini hari, menunjukkan sembilan dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 memenuhi ambang batas parlemen sebesar empat persen.

POPULER

Rekapitulasi 33 Provinsi Selesai: Menang di 20 Provinsi, Jokowi Unggul 55,37 Persen

Jokowi-KH Ma'ruf berhasil meraih dukungan rakyat di 33 provinsi sebanyak 84.437.371 suara, atau 55,37 persen dari total suara sah yang berjumlah 152.506.924 suara.

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Secara umum sebagaimana yang tercatat dalam info wikipedia, riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman...

Mantan Danjen Kopassus Ditangkap Penyidik POM TNI dan Mabes Polri

Sisriadi tidak mengetahui secara pasti apakah penangkapan itu terkait informasi tentang kasus penyelundupan senjata untuk mengacaukan aksi 22 Mei 2019 atau terkait laporan dugaan makar."Nanti pak Menko Polhukam akan menggelar konferensi pers terkait hal tersebut," katanya.

Bantah Laporan ke Bawaslu Hanya Berdasar Berita Online, Begini Penjelasan BPN

Badang Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga membantah informasi yang beredar bahwa pihaknya melaporkan pelanggaran pemilu 2019 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hanya berdasarkan berita-berita online.