close
Beranda Fokus

Fokus

KOLOM

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Membangkitkan Peran Mahasiswa Mengawal Pemilu 2019

SERUJI.CO.ID - Momentum perhelatan Nasional Pemilu serentak, Pilpres dan Pileg, tahun 2019 tepatnya tanggal 17 April 2019 yang akan datang hanya tinggal hitungan hari....

Nilai Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi, Bambang: Tidak Penuhi Asas Luber dan Jurdil

Menurut Bambang, Pemilu kali ini tidak memenuhi asas Langsung, Umum, Bebes, dan Rahasia (LUBER) sebagaimana diamanatkan Undang Undang. "(Juga) tidak terpenuhi prinsip Judil (jujur dan adil, red)," ujarnya.

Hasil Sementara Real Count KPU: Prabowo Hampir Sapu Bersih Suara di Ranah Minang

Pantauan SERUJI, pada pukul 02.47 WIB jumlah data scan C1 yang sudah masuk berasal dari 2.680 TPS dari seluruh TPS di daerah yang biasa disebut Ranah Minang tersebut yang berjumlah 16.719 TPS.

Hasil Sementara Real Count KPU: Di Jabar, Prabowo Unggul di 52,4 Persen

Berdasarkan Kota/Kabupaten, terlihat dari hasil scan C1 yang telah masuk di sistem hitung KPU, pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH ma'ruf hanya unggul di 8 Kota/Kabupaten di Jabar. Sementara sisanya sebanyak 19 Kota/Kabupaten dimenangkan Prabowo-Sandi.

BPN Laporkan 1.200 Dugaan Kecurangan Pemilu, TKN Klaim Terima 25.000 Pengaduan

"(Sebanyak) 1.200 dugaan kecurangan yang kami laporkan kepada Bawaslu," kata Direktur Media Informasi BPN Prabowo-Sandi, Hashim Djojohadikusomo di Media Center Prabowo-Sandi di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan (Jaksel), Sabtu (20/4).

Hasil Sementara Real Count KPU dan KawalPemilu: Jokowi Unggul Atas Prabowo

Dari kedua situs yang menggunakan form C1 sebagai sumber datanya ini, pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul sementara atas pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Burhanuddin Muhtadi: Quick Count Adalah Alat Kontrol Kecurangan Pemilu

"Quick count adalah alat kontrol untuk mengecek kecurangan yang mungkin terjadi dalam suatu pemilu, kalau hasilnya diketahui siapa pemenang itu hanya bonus," kata Burhan dalam jumpar pers yang diadakan Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) di Hotel Morisey, Jakarta, Sabtu (20/4).

Seluruh Pihak Diimbau Tidak Sebarkan Hoaks Rekapitulasi Surat Suara Pemilu 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, mengimbau seluruh pihak tidak membuat maupun menyebarkan hoaks terkait penghitungan dan...

Konsentrasi Tertuju ke Pilpres, Pengamat Sebut Pemilu Serentak Perlu Ditinjau Lagi

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Nusa Tenggara Timur, Pater Philipus Tule, SVD menilai sistem pemilihan umum legislatif (Pileg) dan Presiden...

Tanggapi Situasi Terkini, SBY Instruksi Kader Tak Terlibat Hal Bertentangan dengan Konstitusi

Memastikan para pengurus dan kader Partai Demokrat tidak melibatkan diri dalam kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi dan UU yang berlaku serta tidak segaris dengan kebijakan pimpinan PD.

Hitung Cepat: Prabowo Menang di 20 Provinsi Namun Kalah Nasional, Begini Perhitungannya

Namun, walau unggul di lebih banyak Provinsi, Prabowo-Sandi secara nasional hanya mampu kumpulkan 45,7 persen suara, masih kalah peroleh suara dari Jokowi-KH Ma’ruf yang unggul di 54,30 persen.

Hitung Cepat: Prabowo Unggul di 20 Provinsi, Jokowi di 14 Provinsi

Terlihat, pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga unggul di 20 provinsi di Indonesia. Sementara pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin hanya unggul di 14 provinsi yang ada di Indonesia.

Dari Mahathir Sampai Erdogan, Jokowi Sebut Dapat Ucapan Selamat Atas Sukses Gelaran Pemilu

"Kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong," kata Presiden di Plataran Restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (18/4).

Soal Pertemuan dengan Prabowo, MenPAN RB Tegaskan UAS Tidak Langgar Netralitas ASN

"Saya tegaskan lagi, pernyataan staf KemenPAN-RB (soal UAS) bukan pendapat resmi kami," kata Menteri Syafruddin dalam jumpa pers di Kementerian PAN RB, Jakarta, Kamis (18/4).

Hitung Sementara C1 KPU: Jokowi Unggul Tipis di Jabar, Prabowo Menang Telak di Sumbar

Dari data sementara tersebut, pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga menang telak dengan perolehan suara sebesar 9.226 suara atau 86,89 persen. Sementara pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf memperoleh 1.391 suara atau sebesar 13,11 persen.

Hasil Hitung Sementara Scan C1 KPU: Jokowi Unggul 59,47 Persen, Prabowo 40,53 Persen

Pantauan SERUJI pada pukul 11.50 WIB, Rabu (18/4) scan C1 yang berasal dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah diupload ke situs tersebut dan berhasil dihitung adalah sebanyak 1.924 dari 813.350 TPS se Indonesia.

Di TPS Amien Rais Mencoblos, Jokowi-KH Ma’ruf Menang Telak Atas Prabowo-Sandi

Di tempat Amien Rais mencoblos, pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin memperoleh 158 suara, hampir dua kali lipat dari pasangan Prabowo-Sandiaga yang hanya mampu meraup 80 suara.

Klaim Menang 62 Persen, Prabowo Sujud Syukur Seperti Pilpres 2014

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Calon Presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto mengklaim bahwa ia dan pasangannya, cawapres Sandiaga Uno, telah memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres)...

Tak Diduga, Quick Count: PKS Bersaing dengan Parpol Papan Atas dan Unggul dari Demokrat

Bukan hanya mampu menyodok ke papan tengah, PKS juga mampu bersaing ketat dengan partai-partai yang diprediksi akan menempati papan atas pada Pemilu 2019 ini, seperti PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, dan NasDem.

Di TPS Sultan HB X Mencoplos, Jokowi Unggul 172 Suara Dibanding Prabowo 55 Suara

Usai melakukan pencoblosan, orang nomor satu di Daerah Istimewa Yogyakarta itu berharap presiden terpilih dalam pemilihan umum kali ini bisa lebih baik.

Prabowo Klaim Menang Berdasar Exit Poll Internal Sebesar 55,4 Persen

Untuk menjaga kemenangan tersebut, Prabowo minta pada para pendukungnya untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Apresiasi Penyelenggara Pemilu dan TNI/Polri, Jokowi Ajak Masyarakat Kembali Bersatu

"Kita semuanya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPU, Bawaslu, DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum), sehingga proses pesta demokrasi pileg dan pilpres tadi pagi telah berjalan dengan jujur dan adil," tambah Jokowi.

Unggul Berdasarkan Quick Count, Jokowi Minta Pendukung Tunggu Hasil Hitung Resmi KPU

"Dari indikasi exit poll dan quick count telah kita lihat semuanya, tapi kita harus bersabar dan menunggu perhitungan dari KPU secara resmi," kata Jokowi.

Pasangan Prabowo-Sandi Menang Telak di Kampung Aquarium

Dari hasil penghitungan suara, paslon Prabowo-Sandi meraih 163 suara sedangkan paslon Jokowi-Ma’ruf meraih 32 suara.

Yakin Menang, Prabowo Imbau Seluruh Pendukung Tenang Tidak Terprovokasi

Dahnil mengatakan saat ini berdasarkan hasil survei internal BPN Prabowo-Sandi, pasangan nomor urut 02 itu unggul 55,4 persen sehingga pada pendukung jangan terprovokasi kabar yang bisa mengganggu kemenanga

Data Quick Count Masuk 50 Persen, 5 Lembaga Survei: Jokowi Unggul dari Prabowo

Hasil Quick Count bukanlah hasil resmi pemenang Pilpres 2019. Untuk hasil resmi menunggu hasil hitung manual resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

Klaim Menang dengan Potong Tumpeng, Erick Thohir: Ini Data dan Fakta, Kita Bukan Pendusta

"Insya Allah kita ini bukan pendusta. Kita bukan pembohong, saya setuju dengan adinda saya saudara Bahlil, data-data kita menunjukkan kita menang di 55 persen ke atas. Ini bukan klaim tapi ini data dan fakta. Kita harus jaga kemenangan ini karena ini ke arah yang benar," ujar Erick Thohir.

Nilai Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi, Bambang: Tidak Penuhi Asas Luber dan Jurdil

Menurut Bambang, Pemilu kali ini tidak memenuhi asas Langsung, Umum, Bebes, dan Rahasia (LUBER) sebagaimana diamanatkan Undang Undang. "(Juga) tidak terpenuhi prinsip Judil (jujur dan adil, red)," ujarnya.

Hasil Sementara Real Count KPU: Prabowo Hampir Sapu Bersih Suara di Ranah Minang

Pantauan SERUJI, pada pukul 02.47 WIB jumlah data scan C1 yang sudah masuk berasal dari 2.680 TPS dari seluruh TPS di daerah yang biasa disebut Ranah Minang tersebut yang berjumlah 16.719 TPS.

Hasil Sementara Real Count KPU: Di Jabar, Prabowo Unggul di 52,4 Persen

Berdasarkan Kota/Kabupaten, terlihat dari hasil scan C1 yang telah masuk di sistem hitung KPU, pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH ma'ruf hanya unggul di 8 Kota/Kabupaten di Jabar. Sementara sisanya sebanyak 19 Kota/Kabupaten dimenangkan Prabowo-Sandi.

POPULER

Kecewa Jokowi Kalah di Daerahnya, Bupati Madina Pilih Mengundurkan Diri

Didalam surat bernomor 019.6/1214/TUMPIM/2019 yang ditujukan kepada Presiden RI d.p Menteri Dalam Negeri, Dahlan Hasan menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan Bupati Madina.

Tanggapi Tudingan PKB, PDIP Surabaya: Jika Tidak Ada Bukti, Akan Kami Lawan

"Jika itu tidak terbukti, maka kami akan melaporkan dan memprosesnya secara hukum karena sudah menyangkut nama partai," tegas Whisnu Sakti.

PKB Tuding PDIP Gelembungkan Suara di Sejumlah TPS di Surabaya

"Temuan yang jelas itu, ada penggelembungan suara yang dilakukan oleh PDIP yang masif di beberapa TPS. Dan itu kegiatannya hampir sama, penggelembungan antara kisaran 20 sampai 30 suara per TPS," ungkap Musyafak

Begini Penilaian Pakar Gestur Soal Ekspresi Sandi Saat Deklarasi Kemenangan Prabowo

"Itu bukan sakit, ekspresi itu adalah ekspresi ketidaksukaan pada sesuatu," kata Handoko