Jelang Musda Kadin Surabaya, Pengamat: Calon Ketua Jangan Yang Hanya Sibuk Urus Usaha Sendiri

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pengamat ekonomi, Dr Murpin Joshua Sembiring mengingatkan agar sosok Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) haruslah orang yang paham sejarah lahirnya organisasi pengusaha tersebut dan cita-cita yang ingin dicapai.

Hal itu disampaikan Murpin, menyikapi akan diselenggarakannya Musyawarah Daerah (Musda) Kadin Kota Surabaya yang diantara agendanya memilih Ketua periode 2019-2024.

“Sosok yang konsisten mewujudkan tujuan Kadin, jangan hanya yang memperkuat usahanya sendiri, tidak punya visi ‘bersama kita maju’,” kata Murpin kepada SERUJI di Surabaya, Kamis (8/8).

Dijelaskan pria yang juga Rektor Universitas Ma Chung Malang ini, cita-cita Kadin yang berdiri pada 24 September 1968 adalah ingin pengusaha nasional tangguh dan mampu menjadi tulung punggung perekonomian nasional yang sehat dan berdaulat dalam percaturan ekonomi nasional dan global.

“Namun, hingga saat ini masih jauh panggang dari api. Terbukti, kita masih sangat besar ketergantungan pada bahan baku dan barang jadi impor. Bahkan, hasil pertanian seperti jagung, bawang, daging dan lainnya, masih terus impor dengan nilai semakin besar dan menghancurkan ekonomi domestik,” jelasnya.

Sebagai organisasi para pengusaha, imbuh Murpin, keberadaan Kadin bertujuan untuk membina dan mengembangkan kemampuan para pengusaha, koperasi dan swasta lainnya untuk kuat jadi pelaku usaha nasional lewat penciptaan iklim usaha yang sehat.

“Sayangnya, hingga saat ini pengurus Kadin masih asyik memperkuat usaha-usahanya sendiri lewat berbagai proyek yang didapat,” kata Doktor Ekonomi jebolan Universitas Airlangga ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.