MUI Kecam Iklan Lowongan Kerja Yang Mensyaratkan Melepas Hijab Saat Bekerja

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur mengecam perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja dengan mensyaratkan harus bersedia melepas hijab selama bekerja.

Dikutip dari Hidayatullah.com, Sekretaris Umum MUI Jawa Timur ustaz Ainul Yaqin menilai apa yang dilakukan perusahaan yang diketahui merupakan outlet penjualan roti dengan nama “Kampoeng Roti” tersebut, adalah perbuatan yang keliru.

“Apa yang dilakukan pihak Kampoeng Roti jelas keliru. Melakukan hal seperti ini di negeri dengan penduduk Muslim terbesar adalah hal yang tak patut,” ujar ustadz Ainul di Jakarta, Senin (15/07).

Akibat iklan lowongan tersebut, menurut ustadz Ainul, perusahaan tersebut bisa tutup karena dapat menyinggung ummat Islam yang dalam ajarannya mewajibkan wanita mengenakan hijab saat keluar rumah.

“Seharusnya hal-hal seperti ini tidak lagi terjadi,” tukasnya.

Iklan lowongan “Kampoeng Roti” tersebut beredar luas di media sosial. Sepintas tidak ada yang janggal dari iklan tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, maka terlihat di point ketujuh tercantum syarat ‘Bersedia Untuk Tidak Berhijab Selama Jam Kerja’.

Syarat ketujuh itulah yang membuat banyak warganet mengecamkarena dinilai telah diskriminatif pada wanita muslim.

MUI Jatim telah melakukan klarifikasi ke perusahaan yang membuat iklan lowongan tersebut. Dan pihak perusahaan telah meminta maaf dan menjelaskan bahwa iklan tersebut terjadi karena keteledoran staf mereka.

Iklan lowongan kerja “Kampoeng Roti” yang mensyaratkan bersedia lepas hijab selama kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.