Pembaca Al-Quran (ilustrasi)

MUTIARA KESEMBILAN: Maafkan dan Move On

Surat asy-Syura, ayat 43

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

Dalam kehidupan pribadi dan masyarakat, tak terhindari kadang terjadi perbedaan pandangan dan kepentingan, persaingan kalah dan menang. Kadang terjadi pula tindakan yang salah.

Namun hidup terus berjalan. Masa kini dan masa depan terus datang. Agar tak berat melangkah, problem di masa silam jangan kita pikul dibawa ke mana mana. Lepaskan masa silam itu dengan cara minta maaf dan memaafkan.

Kesalahan baik dari diri sendiri atau orang lain justru harus dilihat secara positif. Kesalahan itu justru menjadi cara setiap individu untuk semakin tumbuh dengan cara mengambil hikmah dari kesalahan itu.

MUTIARA KESEPULUH: Jujur dan Jaga Amanah

Surat: Al-Baqarah, Ayat 42

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

Surat Al-Mukminun, Ayat 8

Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

Dengan pengetahuan, bisa kita bedakan mana yang benar mana yang salah. Dengan empati, bisa kita rasakan mana yang adil dan mana yang tidak.

Berani lah untuk jujur membedakannya. Setiap individu yang diberi pengetahuan sekaligus juga diberi amanah untuk mendaya gunakannya. Setiap individu yang dititipkan kuasa, juga dititipkan amanah untuk menjaga kuasa bagi menyebarnya kebaikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama