Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Catatan Perjalanan Denny JA

Bagaimana cara Jeef Bezos tumbuh mengangumkan?

Bukan Jeff Bezos penemu shopping online tapi Michael Aldrich di tahun 1979. Namun berbeda dengan Michael Aldrich sang penemu dan entrepreneur lain, Bezos yang paling mampu memanfaatkan inovasi bisnis dari shopping online.

Ia selalu mencari cara baru untuk lebih memuaskan konsumen. Ini yang membuat Amazon akhirnya mengalahkan raksasa toko buku lain, termasuk Barnes and Noble. Bahkan untuk aneka penjualan, Amzon mengalahkan super raksasa Wallmart.

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Tak hanya buku, jenis produk lain, Amazon juga dominan. Untuk penjualan toys dan hobi, musik dan video, consumer elektronik, office dan equipment, porsi pasar yang diraih Amazon di atas 51 persen. Bahkan untuk jenis bisnis dengan pola membership, Amazon memperoleh member sebanyak 100 juta. Ia hanya kalah sedikit dari Netflix yang memang bisnisnya bergantung dari membership.

Bezoz sejak awal memperluas jangkauan. Sekali ia menguasai hal ihwal shopping online, maka segala hal ia sediakan. Awalnya memang, Bezos hanya fokus jual buku saja. Perlahan, ia juga menjual musik melalui CD dan video. Ia juga mulai menjual fashion, alat elektronik, obat, mainan anak- anak. Bahkan ia juga menjual grocery.

Tak cukup hanya menjual produk, Bezos juga mengakuisisi produser langsung produk itu. Sejak tahun 1998 hingga tahun 2019, Bezos sudah mengakuisisi 98 perusahaan. Itu mulai dari jenis usaha buku online hingga usaha makanan, dari perusahaan robot hingga usaha apotik, dari usaha retail hingga Washington Post, dari jasa keuangan hingga film distributor.

Aneka jenis usaha yang ia beli untuk memperkuat jaringan Amazon. Ia semakin tak tergantung dari marketplace, karena ia dapat menjual dari jaringan produsen yang ia akuisisi.

Sejak tahun 1998, Amazon juga go public di harga USD 18 per saham. Ia mendapatkan banyak dana masyarakat untuk ekspansi. Kini di tahu 2018, harga saham amazon per share: sekitar USD 2000. Harga sahamnya naik hingga lebih dari 100 kali lipat dalam jangka 21 tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close