SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Oleh: Nico Andrianto Awardee LPDP Tahun 2017

SERUJI.CO.ID – Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah satu syarat untuk memperoleh beasiswa ini adalah menulis essay berjudul; “Sukses Terbesar dalam Hidupku”.

Berikut adalah contoh essay yang pernah saya buat dan lolos dalam seleksi administrasi beasiswa LPDP tahun 2017. Semoga contoh essay ini memberi manfaat bagi mereka yang ingin mengajukan beasiswa yang dibiayai pemerintah RI ini.

Selamat mencoba.

Sukses Terbesar dalam Hidupku

Keputusan orangtua memelihara tradisi “ngenger” dengan menitipkan pengasuhan penulis kepada seorang “tokoh” begitu membekas dalam ingatan. Penulis tumbuh dalam bimbingan kakek yang seorang pensiunan TNI AD sekaligus seorang pejuang angkatan ‘45.

Penulis sering mendengarkan kisah beliau tentang perjuangan merebut kemerdekaan, dengan latar belakang peristiwa heroik Surabaya 10 November 1945. Kisah-kisah perjuangan fisik itu begitu menggugah jiwa kecil dan membentuk bangunan idealisme penulis setelahnya. Bahwa pasca-kolonialisme Belanda, generasi penerus harus menyadari sepenuhnya bahwa kemerdekaan bangsa ini diperjuangkan melalui tetesan darah dan air mata. Semangat untuk menuntaskan cita-cita para pejuang dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan harus terpelihara di dalam hati ikhlas para generasi penerus.

Berjuang adalah kata kunci untuk membuka kesuksesan penulis. Kesuksesan juga berarti memberikan yang terbaik bagi masyarakat luas, melalui sumbangan ide-ide yang menggugah, terobosan-terobosan pemikiran serta upaya penyatuan potensi seluruh anak bangsa dalam sebuah sinergi. Salah satunya penulis upayakan melalui media tulisan.

Terakhir, penulis membuat sebuah novel berjudul, “Deja Vu Nusantara”. Tulisan ini mengusung idealisme penulis tentang bangsa kita dalam perspektif kesejarahan, kekinian dan proyeksi masa depan. Bangsa kita yang pernah berjaya di masa lampau, yang disegani oleh bangsa-bangsa lain, perlu direfleksikan kembali melalui perspektif geopolitik, geo-ekonomi dan geostrategi kawasan saat ini. Tentu saja untuk mengulangi capaian-capaian membanggakan tersebut perlu kerja keras dan cerdas generasi saat ini dan mendatang.

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER

close