Paman Donald dan Eyang Joe

Oleh: Dhimam Abror, jurnalis senior

KATARSIS.ID – Drakor pilpres Amerika Serikat menapaki episode baru Sabtu malam (7/11) WIB. Perolehan suara Capres Joe Biden menembus angka keramat 270 suara, dan secara teknis sudah memenangkan pilpres.

Biden memenangkan suara di negara bagian Pennsylvenia yang menjadi penentu utama yang alot berhari-hari. Dengan memenangkan Pennsylvenia, Biden meraup 279 suara dewan pemilihan (electoral college) dari total 538 suara.

Trump, sudah bisa diduga, tidak mengakui kemenangan Biden dan enggan memberikan pidato pengakuan (concession speech) yang sudah menjadi tradisi demokrasi Amerika selama dua ratus tahun.

Pada pilpres 2016 Hillary Clinton memberikan pidato pengakuan untuk kemenangan Trump pada 3 November malam setelah Trump melampaui angka keramat 270 suara.

Kali ini Trump tidak mau menyerah. Ia bersumpah akan melawan sampai titik darah penghabisan dan memprovokasi pendukungnya untuk tidak menyerah.

Kerusuhan horizontal bisa pecah setiap saat. Trump punya pendukung kulit putih yang fanatik dan terkenal rasis serta tak segan memakai kekerasan dengan memakai senjata api.

Kelompok White Supremacist ini bentrok melawan aktivis Black Lives Matter (BLM) yang didukung kulit hitam dan berwarna sejak George Floyd tewas dianiaya polisi kulit putih di Miennapolis, Mei.

Trump akan menggugat hasil pilpres ke Supreme Court (Mahkamah Agung) yang sekarang mayoritas hakim agungnya pendukung Trump. Dari sembilan hakim agung enam pendukung Trump.

Hanya enam minggu menjelang Pilpres, Trump memaksakan pengangkatan hakim agung pilihannya Amy Coney Barret untuk mengganti Ruth Bader Ginsburg yang meninggal dunia.

Pilpres 2000 antara Al Gore dari Demokrat vs George W. Bush Jr dari Republik juga diputus di Supreme Court untuk kemenangan Bush.

Terlepas dari karakter Trump yang disebut kasar, arogan, diskriminatif, dan provokatif, Pilpres kali ini membuktikan bahwa Trump masih mempunyai dukungan yang luas.

Dari sekitar 136 juta pemilih hampir separohnya memilih Trump. Selisih kemenangan suara perorangan yang dimiliki Biden tidak akan lebih dari empat atau lima juta suara.

Inilah bukti bahwa meskipun selama ini lawan politiknya menuduh brengsek dan presiden terburuk, tapi Trump tetap dipilih oleh pendukung fanatiknya dari kalangan kulit putih di daerah-daerah pinggiran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy