Survei LSI: Sandiaga Membawa Dampak Positif Terhadap Elektabilitas Prabowo

0
343
  • 52
    Shares
Capres-cawapres Prabowo-Sandiaga Uno.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei yang mereka lakukan dari tanggal 12-19 Agustus yang diberi judul “Pilpres 2019, Siapa Unggul? Pertarungan Pilpres di Enam Kantong Suara”.

Enam kantung suara yang disurvei tersebut adalah; pemilih muslim, non muslim, masyarakat ekonomi rendah (wong cilik), perempuan (emak-emak), kaum terpelajar, dan milenial (pemilih pemula).

Baca juga: Survei LSI: Jokowi-KH Ma’ruf Unggul 2 Digit di Pemilih Muslim dan Emak-Emak

Loading...

Dalam survei yang melibatkan 1200 responden tersebut, calon Wakil Presiden (cawapres) Sandiaga Uno memberikan dampak positif dalam meningkatkan elektabilitas calon Presiden (capres) Prabowo Subianto.

Pada ketogori pemilih perempuan atau yang saat ini sering disebut emak-emak, Sandiaga memberi kontribusi peningkatan elektabilitas pada Prabowo 4,8 persen. Dimana dari 50 persen responden emak-emak dalam survei ini yang sebelumnya memberikan dukungan pada Prabowo sebesar 25,2 persen, meningkat jadi 30,0 persen jika Sandiaga menjadi cawapres.

Pemilih perempuan atau emak-emak makin banyak memilih Prabowo jika Sandiaga Uno cawapresnya.

Baca juga: Survei LSI: Berbeda dengan Sandiaga, KH Ma’ruf Malah Mengurangi Elektabilitas Jokowi

Pada pemilih pemula, yang berusia 19 tahun dan dibawahnya, atau yang dikenal dengan sebutan pemilih milenial, Sandiaga juga menyumbang elektabilitas kepada Prabowo dari 34,2 persen menjadi 39,5 persen.

Sementara untuk kalangan terpelajar, yaitu pemilih dengan pendidikan S1 dan diatasnya, Sandiaga menyumbang elektabilitas kepada Prabowo dari 37,4 persen menjadi 44,5 persen.

Cawapres Sandiaga memberikan kontribusi positif bagi elektabilitas capres Prabowo dari pemilih terpelajar.

Survei LSI Denny JA ini diadakan dari tanggal 12-19 Agustus dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2.9 %. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner terhadap 1200 orang.

Sandiaga membawa dampak positif bagi elektabilitas Prabowo dari pemilih milenial.

(ARif R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU