Survei LSI: Jokowi-KH Ma’ruf Unggul 2 Digit di Pemilih Muslim dan Emak-Emak

56
288
  • 133
    Shares
KH Ma'ruf Amin (tengah) bersama Ketum NU KH Said Agil (kanan) dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (kiri). (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ada yang menarik dari rilis hasil survei yang dikeluarkan oleh Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Selasa (21/8), di Jakarta. Pemilih perempuan atau yang saat ini populer dengan sebutan emak-emak, ternyata lebih memilih pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dibanding pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Dalam survei yang menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2.9 % tersebut, Jokowi-KH Ma’ruf unggul 50,2 persen atau 2 digit lebih besar dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

Baca juga: Survei LSI: Berbeda dengan Sandiaga, KH Ma’ruf Malah Mengurangi Elektabilitas Jokowi

Sementara Prabowo-Sandiaga dalam survei yang berlangsung dari tanggal 12-19 Agustus tersebut memperoleh dukungan emak-emak sebesar 30,0 persen. Emak-emak yang belum menentukan pilihan sebesar 19,8 persen.

Untuk kalangan pemilih Muslim, pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin juga unggul telak atas Prabowo-Sandiaga.

Pada segmen pemilih Muslim ini, Jokowi-KH Ma’ruf mendapat dukungan dari 52,7 persen pemilih. Sementara Prabowo-Sandiaga Uno tertinggal cukup jauh di 27,9 persen. Yang belum menentukan pilihan sebesar 19,4 persen.

Jokowi-KH Ma’ruf Amin unggul di segmen pemilih perempuan dibanding Prabowo-Sandiaga Uno.

Baca juga: Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf Unggul 2 Digit Tinggalkan Prabowo-Sandi

Survei yang dilengkap dengan Focus Group Discussion (FGD), Analisis Media dan Indepth Interview ini, juga memperlihatkan kantong-kantong pemilih yang berhasil dimenangkan oleh pasangan capres-cawapres.

Jokowi-KH Ma’ruf memenangkan 5 dari 6 kantong pemilih. Sementara Prabowo-Sandiaga hanya memenangkan satu kantong, yaitu di pemilih kaum terpelajar saja.

Jokowi-KH Ma’ruf Amin unggul di pemilih Muslim dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

(ARif R/Hrn)

56 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU