SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Survei LSI: Ganjar Unggul di Kantong Islam dan Pemilih Jokowi di Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Elektabilitas Ganjar Pranowo makin menjulang dalam menghadapi Pemilihan Presiden tahun 2024. Hal ini tercermin dalam survei yang diadakan LSI Denny JA sepanjang tanggal 11 – 12 September 2022 lalu.

Dalam survei yang membandingkan jika Ganjar Pranowo berpasangan dengan Airlangga Hartarto berhadapan dengan pasangan bakal capres-cawapres lain, terlihat Ganjar unggul disemua kantong pemilih.

“Elektabilitas Ganjar- AH lebih tinggi dibandingkan Prabowo- Puan, Prabowo- Muhaimin Iskandar, Anies- AHY, Anies- Khofifah, Puan- Ganjar, ataupun Ganjar- Puan,” kata Denny JA dalam rilis hasil survei yang diterima SERUJI, Senin (10/10).

Dalam survei nasional yang mewawancarai secara tatap muka (face to face interview) sebanyak 1200 responden di 34 Provinsi, pasangan Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto unggul 28,4% di kantong pemilih Islam.

“Sebanyak 28,4% pemilih yang beragama Islam memilih Ganjar – AH. Sebanyak 24,5% pemilih yang beragama Islam memilih Prabowo – Puan. Sebanyak 23,7% pemilih yang beragama Islam memilih Anies – AHY,” jelas Denny.

Sementara jika dilihat dari pemilih pada Pilpres 2019, terlihat Ganjar-AH mendapat dukungan sangat besar dari pemilih Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Ganjar – AH mendapat banyak dukungan dari pemilih Jokowi – Ma’ruf Amin. Sebesar 42,1%. Sebanyak 18,2% pemilih Jokowi- Maruf memilih Prabowo – Puan, dan 15.5% memilih Anies – AHY,” papar Denny JA.

Untuk pemilih Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019, lebih banyak memberikan dukungan pada Prabowo- Puan sebesar 38,6%, diikuti  Anies-AHY sebesar 34,8% dan Ganjar-AH sebesar 14,6%.

Survei LSI Denny JA ini memiliki Margin of error (Moe) sebesar +/- 2.9%. Dilakukan dengan Riset kualitatif dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER

close