SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Bintik Merah di Kulit Bukanlah Tanda Dini Penyakit Demam Berdarah

Banyak masyarakat yang berpemahaman bahwa tanda demam berdarah adalah bintik merah di kulit, sehingga sering kali pasien datang ke dokter dengan perasaan khawatir sebab ada bintik merah di kulit yang mereka kira bintik demam berdarah, padahal belum tentu bintik tersebut bintik demam berdarah. Sedangkan disisi lain ada pasien penderita demam berdarah yang tidak terdapat bintik merah di kulitnya terlambat dibawa ke dokter.

Demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia, merupakan penyakit menular yang sering menimbulkan wabah dan Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Sudah ditemukan vaksinnya tapi belum menjadi program wajib nasional sehingga belum gratis dan harganya mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan.

Tanda dini demam berdarah adalah panas, panasnya mendadak dan tinggi diatas 38 derajat celcius. Memang panas bukanlah tanda spesifik dari penyakit demam berdarah sebab panas merupakan tanda dari banyak penyakit. Oleh karena itu setiap kali keluarga kita panas tinggi apalagi jika diberikan obat penurun panas seperti tidak ada perubahan maka kita harus waspada terhadap penyakit demam berdarah. Apalagi jika panasnya tidak disertai batuk dan pilek.

Mengapa setiap kali panas tinggi apalagi tanpa batuk dan pilek harus dicurigai demam berdarah? Sebab tidak ada tanda dini yang khas pada penyakit demam berdarah dan penyakit ini cepat sekali menimbulkan kegawatan, terlambat penanganan bisa berakibat fatal. Bagi masyarakat awam prinsipnya bawalah keluarga yang panas tinggi ke dokter sebelum hari ke-3 panas. Untuk mendiagnosa demam berdarah harus dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Apabila demam berdarah sudah terdiagnosa dini sebelum hari ke-4 dan segera mendapat pertolongan medis maka kemungkinan besar penderita bisa tertolong. Kebanyakan kasus yang meninggal dunia karena terlambat dibawa ke dokter sehingga diagnosa dan penanganannya terlambat.

Pada penderita demam berdarah memang bisa terdapat bintik merah di kulitnya. Bisa juga terjadi mimisan, muntah darah, BAB darah. Tanda-tanda tersebut merupakan tanda yang sudah lanjut yang bisa saja terjadi pada hari ke-4,5 dan 6. Bila pasien datang ke dokter sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut maka sudah dikategorikan datang terlambat.

 

PENULIS: dr. Endang Sulistyowati
EDITOR: Iwan Y

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER

dr. Eko Suyono, Sp An,

Kecanduan Pornografi, Bisakah disembuhkan?

Sejarah Singkat Persatuan Islam

close