Bintik Merah di Kulit Bukanlah Tanda Dini Penyakit Demam Berdarah


Banyak masyarakat yang berpemahaman bahwa tanda demam berdarah adalah bintik merah di kulit, sehingga sering kali pasien datang ke dokter dengan perasaan khawatir sebab ada bintik merah di kulit yang mereka kira bintik demam berdarah, padahal belum tentu bintik tersebut bintik demam berdarah. Sedangkan disisi lain ada pasien penderita demam berdarah yang tidak terdapat bintik merah di kulitnya terlambat dibawa ke dokter.

Demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia, merupakan penyakit menular yang sering menimbulkan wabah dan Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Sudah ditemukan vaksinnya tapi belum menjadi program wajib nasional sehingga belum gratis dan harganya mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan.

Tanda dini demam berdarah adalah panas, panasnya mendadak dan tinggi diatas 38 derajat celcius. Memang panas bukanlah tanda spesifik dari penyakit demam berdarah sebab panas merupakan tanda dari banyak penyakit. Oleh karena itu setiap kali keluarga kita panas tinggi apalagi jika diberikan obat penurun panas seperti tidak ada perubahan maka kita harus waspada terhadap penyakit demam berdarah. Apalagi jika panasnya tidak disertai batuk dan pilek.

Mengapa setiap kali panas tinggi apalagi tanpa batuk dan pilek harus dicurigai demam berdarah? Sebab tidak ada tanda dini yang khas pada penyakit demam berdarah dan penyakit ini cepat sekali menimbulkan kegawatan, terlambat penanganan bisa berakibat fatal. Bagi masyarakat awam prinsipnya bawalah keluarga yang panas tinggi ke dokter sebelum hari ke-3 panas. Untuk mendiagnosa demam berdarah harus dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Apabila demam berdarah sudah terdiagnosa dini sebelum hari ke-4 dan segera mendapat pertolongan medis maka kemungkinan besar penderita bisa tertolong. Kebanyakan kasus yang meninggal dunia karena terlambat dibawa ke dokter sehingga diagnosa dan penanganannya terlambat.

Pada penderita demam berdarah memang bisa terdapat bintik merah di kulitnya. Bisa juga terjadi mimisan, muntah darah, BAB darah. Tanda-tanda tersebut merupakan tanda yang sudah lanjut yang bisa saja terjadi pada hari ke-4,5 dan 6. Bila pasien datang ke dokter sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut maka sudah dikategorikan datang terlambat.

 

PENULIS: dr. Endang Sulistyowati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close