Bintik Merah di Kulit Bukanlah Tanda Dini Penyakit Demam Berdarah

Banyak masyarakat yang berpemahaman bahwa tanda demam berdarah adalah bintik merah di kulit, sehingga sering kali pasien datang ke dokter dengan perasaan khawatir sebab ada bintik merah di kulit yang mereka kira bintik demam berdarah, padahal belum tentu bintik tersebut bintik demam berdarah. Sedangkan disisi lain ada pasien penderita demam berdarah yang tidak terdapat bintik merah di kulitnya terlambat dibawa ke dokter.

Demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia, merupakan penyakit menular yang sering menimbulkan wabah dan Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Sudah ditemukan vaksinnya tapi belum menjadi program wajib nasional sehingga belum gratis dan harganya mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan.

Tanda dini demam berdarah adalah panas, panasnya mendadak dan tinggi diatas 38 derajat celcius. Memang panas bukanlah tanda spesifik dari penyakit demam berdarah sebab panas merupakan tanda dari banyak penyakit. Oleh karena itu setiap kali keluarga kita panas tinggi apalagi jika diberikan obat penurun panas seperti tidak ada perubahan maka kita harus waspada terhadap penyakit demam berdarah. Apalagi jika panasnya tidak disertai batuk dan pilek.

Mengapa setiap kali panas tinggi apalagi tanpa batuk dan pilek harus dicurigai demam berdarah? Sebab tidak ada tanda dini yang khas pada penyakit demam berdarah dan penyakit ini cepat sekali menimbulkan kegawatan, terlambat penanganan bisa berakibat fatal. Bagi masyarakat awam prinsipnya bawalah keluarga yang panas tinggi ke dokter sebelum hari ke-3 panas. Untuk mendiagnosa demam berdarah harus dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Apabila demam berdarah sudah terdiagnosa dini sebelum hari ke-4 dan segera mendapat pertolongan medis maka kemungkinan besar penderita bisa tertolong. Kebanyakan kasus yang meninggal dunia karena terlambat dibawa ke dokter sehingga diagnosa dan penanganannya terlambat.

Pada penderita demam berdarah memang bisa terdapat bintik merah di kulitnya. Bisa juga terjadi mimisan, muntah darah, BAB darah. Tanda-tanda tersebut merupakan tanda yang sudah lanjut yang bisa saja terjadi pada hari ke-4,5 dan 6. Bila pasien datang ke dokter sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut maka sudah dikategorikan datang terlambat.

 

PENULIS: dr. Endang Sulistyowati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

“Duit Ostrali”

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER