close
Beranda Pendidikan

Pendidikan

KOLOM

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Sumbangkan Seragam Sekolah, Cara Siswa SMA di Pariaman Rayakan Kelulusan

Ia mengatakan ide pengumpulan seragam sekolah yang juga sebagai deklarasi anti coret-coret di hari kelulusan tersebut karena melihat dari tahun ke tahun banyak siswa yang mencoret-coret baju sekolah di hari kelulusannya.

Terkait Mendatangkan Guru dari Luar Negeri, Begini Penjelasan Mendikbud Muhadjir

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan guru yang didatangkan dari luar negeri bertujuan untuk melatih guru-guru maupun instruktur yang ada di Tanah Air.

Akhirnya, PPDB SMA di Jatim Diputuskan Kembali ke Sistem Lama Mengacu Nilai UN

inas Pendidikan Surabaya akhirnya memutuskan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Jawa Timur mengacu kepada nilai Ujian Nasional (UN), sebagaimana sistem PPDB tahun-tahun sebelumnya.

Jelang UN SMP, Kemendikbud Minta Ujian Harus Mengutamakan Kejujuran

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Poppy Dewi Puspitawati mengatakan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS yang...

Rendahnya Minat Sekolah Di Kalangan Anak Jalanan Mendapat Perhatian Wali Kota Surabaya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyikapi rendahnya minat sekolah di kalangan anak-anak jalanan

Siswa Difabel Tulungagung Mengikuti UNBK

Sebanyak 18 siswa berkebutuhan khusus (difabel) Tulungagung, Jawa Timur mengikuti ujian nasional berbasis kertas (UNBK)

Buku Buku Karya Anak Indonesia Kembali Mendunia

Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran industri buku anak terbesar di dunia Bologna Children's Book Fair (BCBF) yang berlangsung di Fiera Palazzo Congressi di Bologna, Italia.

Catat ! Pendaftaran SNMPTN untuk Calon Mahasiswa Baru Diperpanjang

Terlambat mendaftar SNMPTN, Jangan Khawatir, waktu pendaftaran diperpanjang. Catat !

Innalillahi, Pendiri Masjid Salman, ITB Prof Toebagus M Soelaiman Wafat

Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Prof. Toebagus M. Soelaiman wafat pada Ahad (10/2) kemarin, pukul 11.20 WIB di Bandung.

Hari Ini Pendaftaran SNMPTN Mulai Dibuka, Inilah Ketentuan dan Persyaratannya

Tahun ini lulus SLTA dan ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa ujian tulis. Simak caranya di sini.

Persiapan Masuk PTN, Jumlah SLTA Yang Finalisasi PDSS Meningkat Jadi 14.675

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan jumlah Sekolah Lanjuta Tingkat Atas (SLTA) yang melakukan finalisasi data...

Menristek: LTMPTN Tingkatkan Keadilan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

Nasir mengatakan dengan adanya LTMPT, masyarakat akan diuntungkan karena ujian berbasis komputer akan mengurangi kesalahan pengisian identitas, kode soal dan pengisian lembar jawaban.

Beda dari Tahun Sebelumnya, Begini Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019

Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi mengatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerimaan mahasiswa baru pada 2019. Terutama pada SBMPTN.

Kurangi Kesalahan Calon Mahasiswa Memilih Jurusan, Pemerintah Bentuk LTMPT

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Apakah pernah mengalami merasa salah mengambil jurusan kuliah, tetapi terpaksa melanjutkan karena sudah semester lanjut? Jika pernah, anda tidak sendiri karena...

Pemerintah Targetkan Tahun 2023 Tidak Ada Lagi Guru Honorer

Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan tahun 2023 tidak ada lagi guru honorer. Pasalanya, seluruh guru honorer akan diikutkan tes seleksi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Simak dan Catat, Inilah Aturan Baru Penerimaan Murid Tahun 2019

Anak anda mau masuk sekolah tahun ini? atau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi? Inilah peraturan baru terkait penerimaan siswa di SD, SLTP, dan SLTA.

Kerjasama dengan Room to Read, Tanoto Foundation Hibahkan 17.880 Buku Bacaan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyediaan buku-buku bacaan berkualitas di sekolah menjadi faktor penting untuk mendorong minat dan kemampuan membaca siswa. Apalagi saat ini masih belum...

Inilah Strategi SMPN I Balikpapan Agar Orang Tua Sukarela Sumbangkan Buku

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Ada yang menginspirasi yang dilakukan oleh SMPN 1 Balikpapan dalam meningkatkan literasi siswa. Sekolah yang memiliki siswa 1074 ini, lebih dari...

Sistem Zonasi, Tahun Depan Siswa Tak Perlu Lagi Mendaftar ke Sekolah

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan dengan penerapan sistem zonasi, siswa sudah tidak perlu lagi mendaftar ke sekolah karena namanya sudah terdaftar di sekolah dekat rumah mereka.

Pemerintah Berikan Bantuan Bus Sekolah Pada Universitas Muhammadiyah Malang

Penyerahan bus itu dilakukan oleh Menhub kepada Rektor UMM H.Fauzan usai kuliah umum dan talkshow di kampus UMM. "Hari ini saya menyerahkan bus ini kepada bapak Rektor, tahun depan kita akan serahkan lagi sebagai bagian kebersamaan kita," tutur Menhub di Malang, Jumat (30/11).

Harry Azhar Azis Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Unair

Mantan Ketua BPK RI, Prof. Harry Azhar Azis, M.A., Ph.D resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Airlangga di Aula Garuda Mukti, Kampus C Unair, Surabaya, Senin (26/11).

Renungan di Hari Guru

Seseorang boleh disebut guru pada saat dia mendidik sekaligus dengan memberi teladan. Seseorang disebut murid pada saat dia belajar sesuatu dan berusaha melakukan teladan sang guru.

Selesaikan Masalah Honorer, Inilah 3 Alternatif Solusi Yang Digodok Pemerintah

“Kepastian status inilah yang ingin diselesaikan dengan opsi status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)” kata Yanuar Nugroho yang juga seorang pendidik ini dalam keterangan tertulisnya yang diterima SERUJI di Jakarta, Sabtu (3/11).

Refleksi Sumpah Pemuda: Memanen Bonus Demografi

Bangsa yang berketuhanan ini digempur instrumen nekolimik sekulerisasi melalui sistem persekolahan warisan kolonial dan sistem keuangan ribawi. Sekulerisasi mencabut semua pijakan transendental bagi pembangunan.

Satu Periode Saja

SERUJI.CO.ID - Mencermati pemilihan rektor ITS periode ini, Saya mesti sampaikan apresiasi yang tinggi atas keputusan Prof. Joni Hermana untuk tidak mencalonkan diri lagi....

Ucapkan Selamat Pada Jokowi-KH Ma’ruf, SBY: Saya Menyambut Baik dan Mendukung Penuh

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6, atas kepercyaan rakyat yang diberikan kepada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang," tutur SBY.

Yusril: Puluhan Pengacara Berpengalaman Disiapkan TKN Untuk Hadapi Gugatan BPN di MK

Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin yang dikoordinir Yusril Ihza Mahendra bekerjasama dengan Tim Hukum dan Advokasi TKN menyiapkan puluhan pengacara yang biasa berpraktik di Mahmakah Konstitusi (MK) untuk menghadapi sidang perkara sengketa di MK.

Peserta Aksi Damai Tuntut Kecurangan Pemilu di Depan Bawaslu Berbuka Puasa Bersama

Peserta aksi damai menuntut pengusutan dugaan kecurangan pada Pemilu 2019 berbuka puasa bersama di sekitar Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) petang.

Inilah Partai Yang Berhasil dan Gagal Lolos Ambang Batas DPR RI

Hasil penetapan rekapitulasi penghitungan suara nasional Pileg DPR RI 2019, di Jakarta, Selasa (21/5) dini hari, menunjukkan sembilan dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 memenuhi ambang batas parlemen sebesar empat persen.

POPULER

Rekapitulasi 33 Provinsi Selesai: Menang di 20 Provinsi, Jokowi Unggul 55,37 Persen

Jokowi-KH Ma'ruf berhasil meraih dukungan rakyat di 33 provinsi sebanyak 84.437.371 suara, atau 55,37 persen dari total suara sah yang berjumlah 152.506.924 suara.

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Secara umum sebagaimana yang tercatat dalam info wikipedia, riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman...

Mantan Danjen Kopassus Ditangkap Penyidik POM TNI dan Mabes Polri

Sisriadi tidak mengetahui secara pasti apakah penangkapan itu terkait informasi tentang kasus penyelundupan senjata untuk mengacaukan aksi 22 Mei 2019 atau terkait laporan dugaan makar."Nanti pak Menko Polhukam akan menggelar konferensi pers terkait hal tersebut," katanya.

Bantah Laporan ke Bawaslu Hanya Berdasar Berita Online, Begini Penjelasan BPN

Badang Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga membantah informasi yang beredar bahwa pihaknya melaporkan pelanggaran pemilu 2019 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hanya berdasarkan berita-berita online.