Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Mahalnya tarif tiket pesawat udara menjelang lebaran ini, membuat masyarakat yang akan mudik ke Jawa, khususnya Jakarta memburu tiket kapal laut milik PT Pelni.

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang. Selanjutnya dari Baubau ganti kapal penumpang menuju Tanjungpriuk.

“Tarif tersebut sudah termasuk free bagasi 40 kg perpenumpang dan dapat makan gratis pagi, siang dan malam. Coba bandingkan dengan tarif pesawat yang saat ini diatas Rp 2 juta untuk sekali jalan. Karena murah loket karcis kapal Pelni di Kendari diserbu penumpang mudik,” ujar Kepala Pelni Kendari, Tavip Priyadi.

Ditemui SERUJI di ruang kerjanya, Sabtu pagi (25/5) Tavip Priyadi menuturkan kapal-kapal Pelni yang melayani angkutan penumpang ke arah Jawa dan Sumatera, semua bersandar di pelabuhan Murhum Baubau. Tidak ada yang sandar di Pelabuhan Nusantara Kendari. Pasalnya, alur masuk kapal di Teluk Kendari relatif sempit dan banyak yang dangkal.

“Karena itu penumpang dari Kendari yang akan ke Jawa, bisa beli tiket kapalnya di Kendari tetapi naik kapalnya di Baubau. Transportasi dari Kendari ke Baubau dilayani denga kapal ekspres Jetliner yang tarifnya hanya Rp 100 ribu perorang,” ujar Tavip.

Ia menambahkan menjelang lebaran ini, Pelni menyiapkan banyak kapal berkapasitas penumpang 1000 orang hingga 2000 orang lengkap dengan berbagai fasilitas memadai.

Bila akan bepergian ke Bali atau Makasar, Labuan Bajo, Bima, Pelni menyediakan KM Tilongkabila, bertolak dari pelabuhan Bungkutoko Kendari menuju Raha, Baubau, Makasar, Bima dan terus ke Benoa, Bali.

Di atas kapal para penumpang diberi jatah makan, juga bisa menikmati beragam kuliner yang dijual di sejumlag kafe, bisa menonton film layar lebar, dan menikmati hiburan gratis.

“Pokoknya pelayanan Pelni sekarang top,” ujar Tavip lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER