Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Mahalnya tarif tiket pesawat udara menjelang lebaran ini, membuat masyarakat yang akan mudik ke Jawa, khususnya Jakarta memburu tiket kapal laut milik PT Pelni.

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang. Selanjutnya dari Baubau ganti kapal penumpang menuju Tanjungpriuk.

“Tarif tersebut sudah termasuk free bagasi 40 kg perpenumpang dan dapat makan gratis pagi, siang dan malam. Coba bandingkan dengan tarif pesawat yang saat ini diatas Rp 2 juta untuk sekali jalan. Karena murah loket karcis kapal Pelni di Kendari diserbu penumpang mudik,” ujar Kepala Pelni Kendari, Tavip Priyadi.

Ditemui SERUJI di ruang kerjanya, Sabtu pagi (25/5) Tavip Priyadi menuturkan kapal-kapal Pelni yang melayani angkutan penumpang ke arah Jawa dan Sumatera, semua bersandar di pelabuhan Murhum Baubau. Tidak ada yang sandar di Pelabuhan Nusantara Kendari. Pasalnya, alur masuk kapal di Teluk Kendari relatif sempit dan banyak yang dangkal.

“Karena itu penumpang dari Kendari yang akan ke Jawa, bisa beli tiket kapalnya di Kendari tetapi naik kapalnya di Baubau. Transportasi dari Kendari ke Baubau dilayani denga kapal ekspres Jetliner yang tarifnya hanya Rp 100 ribu perorang,” ujar Tavip.

Ia menambahkan menjelang lebaran ini, Pelni menyiapkan banyak kapal berkapasitas penumpang 1000 orang hingga 2000 orang lengkap dengan berbagai fasilitas memadai.

Bila akan bepergian ke Bali atau Makasar, Labuan Bajo, Bima, Pelni menyediakan KM Tilongkabila, bertolak dari pelabuhan Bungkutoko Kendari menuju Raha, Baubau, Makasar, Bima dan terus ke Benoa, Bali.

Di atas kapal para penumpang diberi jatah makan, juga bisa menikmati beragam kuliner yang dijual di sejumlag kafe, bisa menonton film layar lebar, dan menikmati hiburan gratis.

“Pokoknya pelayanan Pelni sekarang top,” ujar Tavip lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER