Lima Kuliner Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba

Pelesir ke Jogja tak lengkap jika belum menikmati kuliner legendaris khas nya. Apa saja menunya? Simak artikel berikut.

SERUJI.CO.ID – Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan. Sebagian besar orang tentu sependapat dengan kalimat yang menggambarkan tentang romantisme Jogja, karya Joko Pinurbo ini.

Setiap sudut kota Jogja membuat wisatawan ingin kembali. Selain budaya, suasana dan hiruk pikuknya, Jogja juga istimewa dengan kuliner legendarisnya. Apa saja? Berikut ulasannya!

1
Sate Klathak

Sate Klathak Jogja
Sate Klathak Pak Pong yang gurih dan juicy (foto: IG @alfiniaps)

Sate Klathak merupakan sate kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji besi. Sensasi gurih dan juicy langsung terasa saat gigitan pertama. Semakin melekat di hati saat meninggalkan Jogja.

Meski berbahan dasar kambing, nyatanya sate ini tidak berbau amis dan alot. Ini karena jeruji besi diyakini sebagai penghantar panas terbaik yang mampu memasak daging matang hingga bagian dalam.

Sate Klathak legendaris yang terkenal dan legendaris ada dua di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Sate Klathak Pak Pong dan Sate Klathak Pak Bari. Masing-masing punya ciri khas rasa yang berbeda. Silakan dicoba saja sendiri, ya!

2
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang Malioboro (foto: IG @alfiniaps)

Meski nama kuliner ini adalah Lumpia Semarang, namun bisa didapatkan di Jogja, tepatnya di kawasan Malioboro di depan Hotel Mutiara. Lumpia Semarang ini sangat terkenal bahkan menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.

Untuk memesan saja, pembeli wajib antri dengan nomer antrian. Rasanya memang pas di lidah, perpaduan antara manis dan asin seimbang. Tidak ada salah satu rasa yang mendominasi. Pantas saja jajanan kaki lima ini ramai dikunjungi dan laris manis.

3
Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmie Jowo Mbah Gito Jogja
Bakmie Jowo Mbah Gito yang lezat (foto: IG @andrian_mulyawan)

Melancong ke Jogja, tak lengkap rasanya jika belum mampir mencicipi bakmi Jowo Mbah Gito yang terkenal di kawasan Kota Gede. Begitu masuk, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana Jowo kental yang diwakili design interior restoran tersebut.

Bakmie godhog Mbah Gito ini punya citra rasa yang unik, rasa kuah nya cenderung light, segar dan gurih. Sedangkan bakmie gorengnya lebih didominasi rasa manis, gurihnya tetap terasa meski tidak menonjol.

4
Kopi Klothok

Kopi Klothok Jogja
Aneka menu yang dihidangkan Kopi Klothok (foto: ceritamakan.com)

Jika mendengar namanya anda lalu mengira bahwa di tempat makan ini hanya menyediakan menu kopi, anda salah. Justru, anda akan menemukan variasi menu rumahan yang disajikan sebagai menu utama di warung Kopi Klothok ini.

Lokasinya di daerah Kaliurang dan masuk ke sebuah gang kecil. Meski berada di gang kecil, namun tempat makan ini cukup luas. Anda juga dapat memilih tempat duduk di luar ruangan yang langsung terhubung ke area persawahan.

Menu andalan di sini selain kopi adalah pisang gorengnya. Suasana Kaliurang yang dingin dan sejuk, akan cocok apabila ditemani pisang goreng hangat dan kopi panas khas Kopi Klothok.

5
Lele Mangut Mbah Marto

Lele Mangut Mbah Marto Jogja
Lele Mangut legendaris buatan Mbah Marto (foto: istimewa)

Letak warung Lele Mangut Mbah Marto ini berada di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hampir sama dengan Kopi Klothok, lokasi warung ini juga masuk ke gang kecil. Bahkan hanya muat untuk sepeda motor saja.

Namun bagi pengendara mobil tak perlu khawatir. Sebab ada tanah lapang yang bisa dijadikan parkir, tak jauh dari lokasi warung ini. Anda cukup berjalan beberapa meter untuk bisa menikmati Lele Mangut buatan Mbah Marto yang terkenal legendaris ini.

Saat menyantapnya, anda akan terkejut karena lele yang disajikan lembut hingga tulangnya pun bisa dimakan. Bumbunya meresap tak hanya ke daging namun juga ke tulang ikan.

Rasanya sedikit pedas, bisa terlihat dari cara pengolahan dan penyajian. Nampak lele mangut buatan Mbah Marto berwarna merah menyala. Selain pedas, sedikit rasa segar juga terasa saat gigitan pertama.

Itulah kelima kuliner legendaris yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bisa jadi referensi kuliner bagi anda yang akan berakhir pekan di Jogja. Selamat mencoba! (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...