Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Catatan Perjalanan Denny JA

SERUJI.CO.ID – Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Mao Tse-Tung pun, pendiri komunisme Cina, menjadi masa silam. Namun raksasa hanya bisa dikalahkan oleh raksasa. Siapa raksasa yang mengalahkan Mao Tse -Tung? Penakluknya adalah Deng Xio Ping dan Jack Ma. Dua raksasa ini didukung oleh lahirnya generasi Ali Baba di kalangan kaum pengusaha muda Cina.

Renungan inilah yang memercik ketika saya membaca data 2018-2019. Data ini sulit untuk ditafsir lain.

Lihatlah List Fortune Global 500 tahun 2019. Ini tradisi majalah Fortune. Setiap tahun majalah ini membuat rangking 500 perusahaan terbesar dunia diukur dari revenue. Dari 500 perusahaan itu, terdapat 109 perusahaan dari Cina.

Sekitar 20 persen dari 500 perusahaan terbesar dunia berasal dari Cina.

Lihat pula data Forbes Global 2000 tahun 2019. Majalah Forbes membuat list tahunan perusahan terbesar diukur dari asetnya. Dari lima perusahan paling besar, tiga berasal dari Cina: ICBC, China Construction Bank dan Agricultural Bank of Cina. Dua lainnya dari Amerika Serikat: JP Morgan Chase dan Bank Of America.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda