Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar


SERUJI.CO.ID – Bagi warga Sulawesi Selatan, tentu tidak asing lagi dengan karakter coto. Masyarakat kota ini juga sudah hapal di mana tempat-tempat makan coto yang enak dan murah.

Tetapi bagi Anda yang belum hapal liku-liku jalan dan tempat-tempat strategis makan coto di Kota Makassar, sudah pasti harus rajin bertanya kepada warga kota ini.

Berbeda dengan Bondan Winarno, wartawan senior yang pernah lama memandu acara makanan enak di televisi nasional. Ia sudah hapal tempat-tempat makan coto yang “ngangenin” di Kota Daeng.

Buktinya saat ditelpon SERUJI dari Kota Makassar, Ahad malam (17/2), mantan Pimred Harian Sore Suara Pembaruan itu langsung menyebut sedikitnya ada sembilan tempat makan coto yang sedap di Makassar.

Kesembilan tempat makan coto yang sedap itu, kata Bondan, semuanya pantas direkomendasikan kepada berbagai pihak, tentu termasuk Anda yang masih asing dengan coto Makassar dan berminat mencicipinya jika melancong ke kota Anging Mammiri, julakan lain Makassar.

“Tempat makan coto Makassar yang selalu ngangenin itu harus mulai dari rumah coto Nusantara,” kata Bondan.

Terletak di jalan Nusantara, dekat pelabuhan Soekarno-Hatta, warung coto Nusantara, kata Bondan, buka tiap hari kerja sejak jam 8 pagi sampai jam makan siang. Warung coto Nusantara relatif kecil, tapi yang mau makan coto disitu harus antri.

“Nggak jarang orang yang ngantri itu harus menunggui orang yang sedang makan. Maksudnya, agar kursi orang yang sedang makan bakal cepat didudukinya kalau orang yang sedang makan, beres. Itu artinya, coto di warung Nusantara memang maknyussUenaak tenan…,” ujar Bondan.

Setelah itu ada resto coto Daeng Sirua, di Jalan Abdulah Daeng Sirua No 10 Makassar. Coto di situ, kata Bondan, terkenal dengan sebutan coto bening, dan top banget.

Lalu ada resto coto Paraikatte di jalan Andi Pangerang Petta Rani. Ada lagi resto coto di jalan Ranggong dan resto coto Arima Gagak di jalan Gagak.

Resto coto Dewi di Jalan Sunu dan resto coto Alaudin di Jalan Alaudin juga sudah dikenal banyak artis ibukota. Begitu pula dengan resto coto Daeng Bagadang di Jalan Alaudin 56, sering juga menjadi terminal pejabat makan siang bersama tamu tamunya.

Sebenarnya, menurut penuturan beberapa karyawan kantor Gubernur Sulsel, ada ribuan resto coto yang bertebaran di Kota Makassar. Tetapi beberapa resto yang disebutkan Bondan Winarno itu tergolong resto coto yang laris dan memang enak sehingga kerap direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

Coto Makassar, berbahan baku jeroan sapi dan daging sapi pilihan. Umumnya daging dimasak lebih dari 5 jam, dalam kaldu yang sudah dilaruti rempah rempah, sehingga empuk dan aromanya sangat khas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close