Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

SERUJI.CO.ID – Bagi warga Sulawesi Selatan, tentu tidak asing lagi dengan karakter coto. Masyarakat kota ini juga sudah hapal di mana tempat-tempat makan coto yang enak dan murah.

Tetapi bagi Anda yang belum hapal liku-liku jalan dan tempat-tempat strategis makan coto di Kota Makassar, sudah pasti harus rajin bertanya kepada warga kota ini.

Berbeda dengan Bondan Winarno, wartawan senior yang pernah lama memandu acara makanan enak di televisi nasional. Ia sudah hapal tempat-tempat makan coto yang “ngangenin” di Kota Daeng.

Buktinya saat ditelpon SERUJI dari Kota Makassar, Ahad malam (17/2), mantan Pimred Harian Sore Suara Pembaruan itu langsung menyebut sedikitnya ada sembilan tempat makan coto yang sedap di Makassar.

Kesembilan tempat makan coto yang sedap itu, kata Bondan, semuanya pantas direkomendasikan kepada berbagai pihak, tentu termasuk Anda yang masih asing dengan coto Makassar dan berminat mencicipinya jika melancong ke kota Anging Mammiri, julakan lain Makassar.

“Tempat makan coto Makassar yang selalu ngangenin itu harus mulai dari rumah coto Nusantara,” kata Bondan.

Terletak di jalan Nusantara, dekat pelabuhan Soekarno-Hatta, warung coto Nusantara, kata Bondan, buka tiap hari kerja sejak jam 8 pagi sampai jam makan siang. Warung coto Nusantara relatif kecil, tapi yang mau makan coto disitu harus antri.

“Nggak jarang orang yang ngantri itu harus menunggui orang yang sedang makan. Maksudnya, agar kursi orang yang sedang makan bakal cepat didudukinya kalau orang yang sedang makan, beres. Itu artinya, coto di warung Nusantara memang maknyussUenaak tenan…,” ujar Bondan.

Setelah itu ada resto coto Daeng Sirua, di Jalan Abdulah Daeng Sirua No 10 Makassar. Coto di situ, kata Bondan, terkenal dengan sebutan coto bening, dan top banget.

Lalu ada resto coto Paraikatte di jalan Andi Pangerang Petta Rani. Ada lagi resto coto di jalan Ranggong dan resto coto Arima Gagak di jalan Gagak.

Resto coto Dewi di Jalan Sunu dan resto coto Alaudin di Jalan Alaudin juga sudah dikenal banyak artis ibukota. Begitu pula dengan resto coto Daeng Bagadang di Jalan Alaudin 56, sering juga menjadi terminal pejabat makan siang bersama tamu tamunya.

Sebenarnya, menurut penuturan beberapa karyawan kantor Gubernur Sulsel, ada ribuan resto coto yang bertebaran di Kota Makassar. Tetapi beberapa resto yang disebutkan Bondan Winarno itu tergolong resto coto yang laris dan memang enak sehingga kerap direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

Coto Makassar, berbahan baku jeroan sapi dan daging sapi pilihan. Umumnya daging dimasak lebih dari 5 jam, dalam kaldu yang sudah dilaruti rempah rempah, sehingga empuk dan aromanya sangat khas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER