Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar


SERUJI.CO.ID – Bagi warga Sulawesi Selatan, tentu tidak asing lagi dengan karakter coto. Masyarakat kota ini juga sudah hapal di mana tempat-tempat makan coto yang enak dan murah.

Tetapi bagi Anda yang belum hapal liku-liku jalan dan tempat-tempat strategis makan coto di Kota Makassar, sudah pasti harus rajin bertanya kepada warga kota ini.

Berbeda dengan Bondan Winarno, wartawan senior yang pernah lama memandu acara makanan enak di televisi nasional. Ia sudah hapal tempat-tempat makan coto yang “ngangenin” di Kota Daeng.

Buktinya saat ditelpon SERUJI dari Kota Makassar, Ahad malam (17/2), mantan Pimred Harian Sore Suara Pembaruan itu langsung menyebut sedikitnya ada sembilan tempat makan coto yang sedap di Makassar.

Kesembilan tempat makan coto yang sedap itu, kata Bondan, semuanya pantas direkomendasikan kepada berbagai pihak, tentu termasuk Anda yang masih asing dengan coto Makassar dan berminat mencicipinya jika melancong ke kota Anging Mammiri, julakan lain Makassar.

“Tempat makan coto Makassar yang selalu ngangenin itu harus mulai dari rumah coto Nusantara,” kata Bondan.

Terletak di jalan Nusantara, dekat pelabuhan Soekarno-Hatta, warung coto Nusantara, kata Bondan, buka tiap hari kerja sejak jam 8 pagi sampai jam makan siang. Warung coto Nusantara relatif kecil, tapi yang mau makan coto disitu harus antri.

“Nggak jarang orang yang ngantri itu harus menunggui orang yang sedang makan. Maksudnya, agar kursi orang yang sedang makan bakal cepat didudukinya kalau orang yang sedang makan, beres. Itu artinya, coto di warung Nusantara memang maknyussUenaak tenan…,” ujar Bondan.

Setelah itu ada resto coto Daeng Sirua, di Jalan Abdulah Daeng Sirua No 10 Makassar. Coto di situ, kata Bondan, terkenal dengan sebutan coto bening, dan top banget.

Lalu ada resto coto Paraikatte di jalan Andi Pangerang Petta Rani. Ada lagi resto coto di jalan Ranggong dan resto coto Arima Gagak di jalan Gagak.

Resto coto Dewi di Jalan Sunu dan resto coto Alaudin di Jalan Alaudin juga sudah dikenal banyak artis ibukota. Begitu pula dengan resto coto Daeng Bagadang di Jalan Alaudin 56, sering juga menjadi terminal pejabat makan siang bersama tamu tamunya.

Sebenarnya, menurut penuturan beberapa karyawan kantor Gubernur Sulsel, ada ribuan resto coto yang bertebaran di Kota Makassar. Tetapi beberapa resto yang disebutkan Bondan Winarno itu tergolong resto coto yang laris dan memang enak sehingga kerap direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

Coto Makassar, berbahan baku jeroan sapi dan daging sapi pilihan. Umumnya daging dimasak lebih dari 5 jam, dalam kaldu yang sudah dilaruti rempah rempah, sehingga empuk dan aromanya sangat khas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close