Aturan dan Batasan Jam Makan Menurut Ahli

Patuhi dan disiplin terhadap jam makan dapat membantu tubuh anda tetap sehat dan bugar.

SERUJI.CO.ID – Jangan makan malam di atas jam 6 sore! Mengapa aturan ini berlaku? Dan apakah aturan ini memang relevan dengan kehidupan dan metabolisme tubuh?

Pada dasarnya, para ahli nutrisi menjelaskan, jika tubuh memiliki jadwal makan dan jadwal istirahat. Pada jam tertentu, tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan dan ada juga jam jam tertentu untuk tubuh beristirahat.

Proses fisiologis manusia diatur menurut ritme sirkadian, yakni ritme yang mengendalikan tubuh selama 24 jam.

 

Jam tubuh untuk mencerna makanan terbagi menjadi tiga, yakni jam 7 pagi untuk sarapan. Jeda 5 jam kemudian, tubuh akan mengirim signal lapar, kira-kira pada jam 12 siang. Biasnya jam 5 sore, tubuh akan mengirim signal lapar lagi, sehingga anda harus mengisinya maksimal hingga jam 6 sore.

Baca juga: Menu Makan Malam Ini Tidak Membuat Diet Berantakan

Saat anda melewatkan jam makan, tubuh akan tetap memprogram dengan membakar energi sebagaimana mestinya. Pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin tubuh bisa membakar energi tanpa ada bahan bakar?

Menurut pakar kesehatan, sarapan di jam 9 atau 10 pagi sebenarnya sudah agak terlambat. Idealnya, sarapan dilakukan pada jam 7 dan maksimal jam 8.

Hindari makan siang yang terlambat. Jika tidak memungkinkan makan siang pada jam 12 siang, anda bisa memecah makan siang ke dalam 2 kali makan dengan porsi kecil.

Sebaiknya hentikan makan malam di atas jam 8 malam, agar tubuh punya waktu jeda untuk mencerna makanan sebelum beranjak tidur. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...