dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ, dokter Spesialis Kesehatan Jiwa kelahiran Jombang 26 Agustus 1975 ini telah menghabiskan banyak waktu selama hidupnya di daerah kelahirannya Jombang, Jatim. Menempuh pendidikan dari SD sampai SMA di Jombang, dan sekarang mengabdikan ilmunya juga di Jombang. Hal ini tentu membahagiakan orang tuanya, sebab bagi orang tua domisili anak yang tak jauh dari tempat tinggalnya merupakan kebahagiaan tersendiri.

Di masa mudanya dokter lulusan FK UNAIR ini mempunyai keyakinan bahwa “Saya bisa jadi apa saja.” Dengan keyakinan ini maka ketika co-As dia hampir selalu tertarik untuk mendalami bidang spesialisasi bagian yang sedang dimasukinya. Misal ketika dia memasuki bagian neurologi maka dia ingin mendalami spesialisai neurologi, masuk bagian jantung maka ingin mendalami jantung dan seterusnya.

Dilatar belakangi pengamatannya terhadap beberapa orang di keluarganya yang terlihat gagal karena tidak bisa mengalahkan depresinya, membuatnya ingin belajar behavior science dan cognitive science, dan bagaimana merubah pikiran seorang yang depresi hingga tidak sampai menggagalkan kehidupannya. Pendidikan Program Dokter Spesialis Kesehatan Jiwalah tempatnya untuk mendalami hal tersebut.

Meskipun Psikiater yang masih aktif praktek di RSUD Jombang ini pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan saat co-As psikiatri (nama lain untuk ilmu kesehatan jiwa) dimana dia dua kali ditampar Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) yang kedua tangannya diolesi ludah dulu sebelum dipakai menampar, namun pengalaman buruk tersebut tidak menyurutkan cita-citanya untuk menjadi dokter Jiwa. Dan bakatnya merangkai cerita dan menganalis penderitaan orang membuatnya semakin yakin bahwa ilmunya nanti akan bermanfaat bagi sesama.

DATA PRIBADI
Nama : dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ
Suami : Muhammad Rosyid Ridlo
Anak : 3 orang

RIWAYAT PENDIDIKAN
SD Mojotrisno, Mojoagung, Jombang
SMPN 1 Mojoagung
SMAN 2 Jombang
Fakultas Kedokteran UNAIR
Pendidikan Program Dokter Spesialis (PPDS) program studi Psikiatri FK UNAIR

RIWAYAT PEKERJAAN
Dokter IGD RSI Jombang, Jatim
Puskesmas Selasari, Parigi, Ciamis, Jabar
Puskesmas Gambiran, Jombang
RSUD Jombang

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ, adalah anggota Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa dari Pengda GMKM Jawa Timur.

 

(dr. Endang S/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Kemcer Di Curug Cipeteuy