dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ, dokter Spesialis Kesehatan Jiwa kelahiran Jombang 26 Agustus 1975 ini telah menghabiskan banyak waktu selama hidupnya di daerah kelahirannya Jombang, Jatim. Menempuh pendidikan dari SD sampai SMA di Jombang, dan sekarang mengabdikan ilmunya juga di Jombang. Hal ini tentu membahagiakan orang tuanya, sebab bagi orang tua domisili anak yang tak jauh dari tempat tinggalnya merupakan kebahagiaan tersendiri.

Di masa mudanya dokter lulusan FK UNAIR ini mempunyai keyakinan bahwa “Saya bisa jadi apa saja.” Dengan keyakinan ini maka ketika co-As dia hampir selalu tertarik untuk mendalami bidang spesialisasi bagian yang sedang dimasukinya. Misal ketika dia memasuki bagian neurologi maka dia ingin mendalami spesialisai neurologi, masuk bagian jantung maka ingin mendalami jantung dan seterusnya.

Dilatar belakangi pengamatannya terhadap beberapa orang di keluarganya yang terlihat gagal karena tidak bisa mengalahkan depresinya, membuatnya ingin belajar behavior science dan cognitive science, dan bagaimana merubah pikiran seorang yang depresi hingga tidak sampai menggagalkan kehidupannya. Pendidikan Program Dokter Spesialis Kesehatan Jiwalah tempatnya untuk mendalami hal tersebut.

Meskipun Psikiater yang masih aktif praktek di RSUD Jombang ini pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan saat co-As psikiatri (nama lain untuk ilmu kesehatan jiwa) dimana dia dua kali ditampar Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) yang kedua tangannya diolesi ludah dulu sebelum dipakai menampar, namun pengalaman buruk tersebut tidak menyurutkan cita-citanya untuk menjadi dokter Jiwa. Dan bakatnya merangkai cerita dan menganalis penderitaan orang membuatnya semakin yakin bahwa ilmunya nanti akan bermanfaat bagi sesama.

DATA PRIBADI
Nama : dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ
Suami : Muhammad Rosyid Ridlo
Anak : 3 orang

RIWAYAT PENDIDIKAN
SD Mojotrisno, Mojoagung, Jombang
SMPN 1 Mojoagung
SMAN 2 Jombang
Fakultas Kedokteran UNAIR
Pendidikan Program Dokter Spesialis (PPDS) program studi Psikiatri FK UNAIR

RIWAYAT PEKERJAAN
Dokter IGD RSI Jombang, Jatim
Puskesmas Selasari, Parigi, Ciamis, Jabar
Puskesmas Gambiran, Jombang
RSUD Jombang

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ, adalah anggota Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa dari Pengda GMKM Jawa Timur.

 

(dr. Endang S/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi