5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

SERUJI.CO.ID – Undangan selalu menjadi sebuah hal yang penting untuk dipikirkan saat merencanakan pernikahan. Dengan undangan yang baik, maka akan tergambar pula acara pernikahan kita yang baik pula.

Kini, ada banyak orang yang masih menggunakan undangan pernikahan yang masih konvensional. Dalam artian, undangan masih didesain kemudian dicetak sebelum akhirnya dikirimkan dalam bentuk fisik kepada para tamu yang akan diundang.

Hanya saja, ada banyak kekurangan dari undangan pernikahan cetak. Diantaranya, kita tidak bisa dengan mudah merevisi undangan yang salah ketik. Selain itu, sering kali kita menemukan cacat produksi saat mencetak. Ditambah lagi, undangan yang kita kirim dapat terhambat dan tidak sampai pada tujuan tepat waktu.

Tapi kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Di saat modern seperti sekarang, desain undangan pernikahan digital memiliki peran yang sama, bahkan lebih penting dari undangan konvensional. Selain bisa mengirimkan undangan langsung ke tangan penerimanya dalam hitungan detik, berikut adalah beberapa keuntungan lain membuat undangan pernikahan digital.

Mudah Dibuat dan Diedit

Foto: iStock

Keunggulan pertama dari undangan digital adalah mudah untuk dibuat. Kini ada banyak situs desain online yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain undangan. Mereka juga menyediakan berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan selera desain kita sendiri.

Tidak berhenti di sana, kita juga bisa dengan mudah mengedit undangan yang dibuat. Apakah itu sekadar typo, salah warna, salah font, atau merombak total undangan, kita bisa mudah melakukannya. Berbeda dari undangan cetak, yang saat kesalahan sudah tercetak, akan sulit untuk diedit.

Beragam Desain dan Variatif

Seperti yang disebutkan tadi, pembuatan desain undangan pernikahan sendiri akan sangat mudah saat untuk dilakukan. Hal ini karena ada banyak template dan desain variatif yang disediakan oleh website desain online. Kita tinggal memanfaatkan ratusan bahkan ribuan template tersebut.

Template tersebut pun bisa diedit kembali. Menjadikan kita akan bisa dengan mudah mengedit desain undangan sesuai dengan tema pernikahan yang akan diusung.

Ditambah lagi, karena mudah dibuat, kita bisa membuat undangan pernikahan digital dalam berbagai macam versi, spesifik untuk mereka yang diundang.

Dikirim Langsung ke Tangan Penerima

Foto: iStock

Pada undangan cetak kita akan mengalami masalah ketika harus mengirimkan undangan. Untuk orang terdekat, kita bisa memberikannya langsung. Tapi untuk mereka yang berada di luar kota, kita perlu untuk menggunakan jasa pengiriman. Sayangnya itu semua tidak bisa menjamin undangan bisa diterima dengan cepat.

Tapi, dengan menggunakan undangan digital, kita bisa dengan mudah mengirimkannya ke sanak saudara. Sehingga undangan akan langsung diterima di tangan sang penerima.

Murah

Foto: iStock

Produksi undangan pernikahan sendiri bisa memakan biaya sekitar 10% dari total dana kebutuhan pernikahan. Padahal, kita sendiri tahu bahwa ada banyak kebutuhan lain dari pernikahan yang lebih penting. Seperti katering, dekorasi, tempat, dan lainnya.

Dengan undangan digital, kita bisa menghemat lebih banyak. Sementara desain undangan pernikahan online, membutuhkan hampir nol persen untuk ini. Menjadikannya sangat murah untuk dikirimkan ke kerabat dan saudara.

Ramah Lingkungan

Foto: iStock

Kita semua tahu bahwa undangan pernikahan sebagian besar berakhir di tempat sampah. Karenanya, kita perlu untuk menjaga lingkungan dari menumpuknya produksi sampah yang kita ciptakan.

Dengan menggunakan undangan digital, kita tidak perlu mencetak kertas dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.