5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

SERUJI.CO.ID – Undangan selalu menjadi sebuah hal yang penting untuk dipikirkan saat merencanakan pernikahan. Dengan undangan yang baik, maka akan tergambar pula acara pernikahan kita yang baik pula.

Kini, ada banyak orang yang masih menggunakan undangan pernikahan yang masih konvensional. Dalam artian, undangan masih didesain kemudian dicetak sebelum akhirnya dikirimkan dalam bentuk fisik kepada para tamu yang akan diundang.

Hanya saja, ada banyak kekurangan dari undangan pernikahan cetak. Diantaranya, kita tidak bisa dengan mudah merevisi undangan yang salah ketik. Selain itu, sering kali kita menemukan cacat produksi saat mencetak. Ditambah lagi, undangan yang kita kirim dapat terhambat dan tidak sampai pada tujuan tepat waktu.

Tapi kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Di saat modern seperti sekarang, desain undangan pernikahan digital memiliki peran yang sama, bahkan lebih penting dari undangan konvensional. Selain bisa mengirimkan undangan langsung ke tangan penerimanya dalam hitungan detik, berikut adalah beberapa keuntungan lain membuat undangan pernikahan digital.

Mudah Dibuat dan Diedit

Foto: iStock

Keunggulan pertama dari undangan digital adalah mudah untuk dibuat. Kini ada banyak situs desain online yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain undangan. Mereka juga menyediakan berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan selera desain kita sendiri.

Tidak berhenti di sana, kita juga bisa dengan mudah mengedit undangan yang dibuat. Apakah itu sekadar typo, salah warna, salah font, atau merombak total undangan, kita bisa mudah melakukannya. Berbeda dari undangan cetak, yang saat kesalahan sudah tercetak, akan sulit untuk diedit.

Beragam Desain dan Variatif

Seperti yang disebutkan tadi, pembuatan desain undangan pernikahan sendiri akan sangat mudah saat untuk dilakukan. Hal ini karena ada banyak template dan desain variatif yang disediakan oleh website desain online. Kita tinggal memanfaatkan ratusan bahkan ribuan template tersebut.

Template tersebut pun bisa diedit kembali. Menjadikan kita akan bisa dengan mudah mengedit desain undangan sesuai dengan tema pernikahan yang akan diusung.

Ditambah lagi, karena mudah dibuat, kita bisa membuat undangan pernikahan digital dalam berbagai macam versi, spesifik untuk mereka yang diundang.

Dikirim Langsung ke Tangan Penerima

Foto: iStock

Pada undangan cetak kita akan mengalami masalah ketika harus mengirimkan undangan. Untuk orang terdekat, kita bisa memberikannya langsung. Tapi untuk mereka yang berada di luar kota, kita perlu untuk menggunakan jasa pengiriman. Sayangnya itu semua tidak bisa menjamin undangan bisa diterima dengan cepat.

Tapi, dengan menggunakan undangan digital, kita bisa dengan mudah mengirimkannya ke sanak saudara. Sehingga undangan akan langsung diterima di tangan sang penerima.

Murah

Foto: iStock

Produksi undangan pernikahan sendiri bisa memakan biaya sekitar 10% dari total dana kebutuhan pernikahan. Padahal, kita sendiri tahu bahwa ada banyak kebutuhan lain dari pernikahan yang lebih penting. Seperti katering, dekorasi, tempat, dan lainnya.

Dengan undangan digital, kita bisa menghemat lebih banyak. Sementara desain undangan pernikahan online, membutuhkan hampir nol persen untuk ini. Menjadikannya sangat murah untuk dikirimkan ke kerabat dan saudara.

Ramah Lingkungan

Foto: iStock

Kita semua tahu bahwa undangan pernikahan sebagian besar berakhir di tempat sampah. Karenanya, kita perlu untuk menjaga lingkungan dari menumpuknya produksi sampah yang kita ciptakan.

Dengan menggunakan undangan digital, kita tidak perlu mencetak kertas dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bangsa Gagal Nyintesis

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Blunder

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy