5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

SERUJI.CO.ID – Undangan selalu menjadi sebuah hal yang penting untuk dipikirkan saat merencanakan pernikahan. Dengan undangan yang baik, maka akan tergambar pula acara pernikahan kita yang baik pula.

Kini, ada banyak orang yang masih menggunakan undangan pernikahan yang masih konvensional. Dalam artian, undangan masih didesain kemudian dicetak sebelum akhirnya dikirimkan dalam bentuk fisik kepada para tamu yang akan diundang.

Hanya saja, ada banyak kekurangan dari undangan pernikahan cetak. Diantaranya, kita tidak bisa dengan mudah merevisi undangan yang salah ketik. Selain itu, sering kali kita menemukan cacat produksi saat mencetak. Ditambah lagi, undangan yang kita kirim dapat terhambat dan tidak sampai pada tujuan tepat waktu.

Tapi kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Di saat modern seperti sekarang, desain undangan pernikahan digital memiliki peran yang sama, bahkan lebih penting dari undangan konvensional. Selain bisa mengirimkan undangan langsung ke tangan penerimanya dalam hitungan detik, berikut adalah beberapa keuntungan lain membuat undangan pernikahan digital.

Mudah Dibuat dan Diedit

Foto: iStock

Keunggulan pertama dari undangan digital adalah mudah untuk dibuat. Kini ada banyak situs desain online yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain undangan. Mereka juga menyediakan berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan selera desain kita sendiri.

Tidak berhenti di sana, kita juga bisa dengan mudah mengedit undangan yang dibuat. Apakah itu sekadar typo, salah warna, salah font, atau merombak total undangan, kita bisa mudah melakukannya. Berbeda dari undangan cetak, yang saat kesalahan sudah tercetak, akan sulit untuk diedit.

Beragam Desain dan Variatif

Seperti yang disebutkan tadi, pembuatan desain undangan pernikahan sendiri akan sangat mudah saat untuk dilakukan. Hal ini karena ada banyak template dan desain variatif yang disediakan oleh website desain online. Kita tinggal memanfaatkan ratusan bahkan ribuan template tersebut.

Template tersebut pun bisa diedit kembali. Menjadikan kita akan bisa dengan mudah mengedit desain undangan sesuai dengan tema pernikahan yang akan diusung.

Ditambah lagi, karena mudah dibuat, kita bisa membuat undangan pernikahan digital dalam berbagai macam versi, spesifik untuk mereka yang diundang.

Dikirim Langsung ke Tangan Penerima

Foto: iStock

Pada undangan cetak kita akan mengalami masalah ketika harus mengirimkan undangan. Untuk orang terdekat, kita bisa memberikannya langsung. Tapi untuk mereka yang berada di luar kota, kita perlu untuk menggunakan jasa pengiriman. Sayangnya itu semua tidak bisa menjamin undangan bisa diterima dengan cepat.

Tapi, dengan menggunakan undangan digital, kita bisa dengan mudah mengirimkannya ke sanak saudara. Sehingga undangan akan langsung diterima di tangan sang penerima.

Murah

Foto: iStock

Produksi undangan pernikahan sendiri bisa memakan biaya sekitar 10% dari total dana kebutuhan pernikahan. Padahal, kita sendiri tahu bahwa ada banyak kebutuhan lain dari pernikahan yang lebih penting. Seperti katering, dekorasi, tempat, dan lainnya.

Dengan undangan digital, kita bisa menghemat lebih banyak. Sementara desain undangan pernikahan online, membutuhkan hampir nol persen untuk ini. Menjadikannya sangat murah untuk dikirimkan ke kerabat dan saudara.

Ramah Lingkungan

Foto: iStock

Kita semua tahu bahwa undangan pernikahan sebagian besar berakhir di tempat sampah. Karenanya, kita perlu untuk menjaga lingkungan dari menumpuknya produksi sampah yang kita ciptakan.

Dengan menggunakan undangan digital, kita tidak perlu mencetak kertas dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER