5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

SERUJI.CO.ID – Undangan selalu menjadi sebuah hal yang penting untuk dipikirkan saat merencanakan pernikahan. Dengan undangan yang baik, maka akan tergambar pula acara pernikahan kita yang baik pula.

Kini, ada banyak orang yang masih menggunakan undangan pernikahan yang masih konvensional. Dalam artian, undangan masih didesain kemudian dicetak sebelum akhirnya dikirimkan dalam bentuk fisik kepada para tamu yang akan diundang.

Hanya saja, ada banyak kekurangan dari undangan pernikahan cetak. Diantaranya, kita tidak bisa dengan mudah merevisi undangan yang salah ketik. Selain itu, sering kali kita menemukan cacat produksi saat mencetak. Ditambah lagi, undangan yang kita kirim dapat terhambat dan tidak sampai pada tujuan tepat waktu.

Tapi kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Di saat modern seperti sekarang, desain undangan pernikahan digital memiliki peran yang sama, bahkan lebih penting dari undangan konvensional. Selain bisa mengirimkan undangan langsung ke tangan penerimanya dalam hitungan detik, berikut adalah beberapa keuntungan lain membuat undangan pernikahan digital.

Mudah Dibuat dan Diedit

Foto: iStock

Keunggulan pertama dari undangan digital adalah mudah untuk dibuat. Kini ada banyak situs desain online yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain undangan. Mereka juga menyediakan berbagai macam template yang bisa disesuaikan dengan selera desain kita sendiri.

Tidak berhenti di sana, kita juga bisa dengan mudah mengedit undangan yang dibuat. Apakah itu sekadar typo, salah warna, salah font, atau merombak total undangan, kita bisa mudah melakukannya. Berbeda dari undangan cetak, yang saat kesalahan sudah tercetak, akan sulit untuk diedit.

Beragam Desain dan Variatif

Seperti yang disebutkan tadi, pembuatan desain undangan pernikahan sendiri akan sangat mudah saat untuk dilakukan. Hal ini karena ada banyak template dan desain variatif yang disediakan oleh website desain online. Kita tinggal memanfaatkan ratusan bahkan ribuan template tersebut.

Template tersebut pun bisa diedit kembali. Menjadikan kita akan bisa dengan mudah mengedit desain undangan sesuai dengan tema pernikahan yang akan diusung.

Ditambah lagi, karena mudah dibuat, kita bisa membuat undangan pernikahan digital dalam berbagai macam versi, spesifik untuk mereka yang diundang.

Dikirim Langsung ke Tangan Penerima

Foto: iStock

Pada undangan cetak kita akan mengalami masalah ketika harus mengirimkan undangan. Untuk orang terdekat, kita bisa memberikannya langsung. Tapi untuk mereka yang berada di luar kota, kita perlu untuk menggunakan jasa pengiriman. Sayangnya itu semua tidak bisa menjamin undangan bisa diterima dengan cepat.

Tapi, dengan menggunakan undangan digital, kita bisa dengan mudah mengirimkannya ke sanak saudara. Sehingga undangan akan langsung diterima di tangan sang penerima.

Murah

Foto: iStock

Produksi undangan pernikahan sendiri bisa memakan biaya sekitar 10% dari total dana kebutuhan pernikahan. Padahal, kita sendiri tahu bahwa ada banyak kebutuhan lain dari pernikahan yang lebih penting. Seperti katering, dekorasi, tempat, dan lainnya.

Dengan undangan digital, kita bisa menghemat lebih banyak. Sementara desain undangan pernikahan online, membutuhkan hampir nol persen untuk ini. Menjadikannya sangat murah untuk dikirimkan ke kerabat dan saudara.

Ramah Lingkungan

Foto: iStock

Kita semua tahu bahwa undangan pernikahan sebagian besar berakhir di tempat sampah. Karenanya, kita perlu untuk menjaga lingkungan dari menumpuknya produksi sampah yang kita ciptakan.

Dengan menggunakan undangan digital, kita tidak perlu mencetak kertas dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.