Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Pengusaha muda yang sukses ini sempat jatuh bangun menjalani usaha. Kerja kerasnya akhirnya terbayar dengan apa yang ia capai saat ini.

SERUJI.CO.ID – Muda dan gigih. Dua hal itu menggambarkan siapa Hamzah Izzulhaq. Ketika teman sebaya di usia muda banyak menghabiskan waktu luang dengan bermain, Hamzah justru berdagang dan mengembangkan bisnisnya.

Di usia yang ke 25, Hamzah sudah memiliki bisnis di bidang pendidikan, yaitu Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Bintang Solusi Mandiri.

LBB itu kini telah memiliki 3 cabang dan diantaranya memiliki jumlah murid sebanyak 200 orang tiap semester. Tak heran, dalam satu bulan omzetnya kini bisa mencapai 360 juta rupiah.

Baca juga: Moh Shobiq, Pengusaha Difabel Yang Mempekerjakan Disabilitas dan Narapidana

Pemuda yang lahir di Jakarta, tahun 1993 ini mengaku menggeluti bisnis sejak kecil. Ia lupa tepatnya kapan, hanya saja awal bisnis yang dia jalani adalah menjual kelereng, dan benda-benda kesukaan anak-anak pada masa itu seperti petasan dan gambaran.

Tak hanya bisnis LBB, Hamzah juga membuka bisnis baru yakni Sofabed yang berada di daerah Tangerang. Omzet usahanya di bidang ini pun tak kalah menarik, total ratusan juta ia dapatkan sebagai omzet bulanan.

Baca juga: Pengusaha Sukses Disabilitas Ini Buktikan Bahwa Keterbatasan Bukan Alasan

Tidak akan berkembang dan maju seorang pengusaha jika belum mengalami jatuh bangun. Hamzah sempat mengalami hal itu. Saat berbisnis pulsa ketika SMA, ia terpaksa gulung tikar. Pasalnya, omzet masuk yang didapat justru dipakai oleh partner bisnisnya tanpa sepengetahuan dan seizin Hamzah.

Akibatnya ia tak dapat meneruskan bisnis itu dan mencoba ke jalur lain. Akhirnya dia memutuskan membeli alat pencetak pin, dengan prediksi bisnis ini akan berkembang di sekolah-sekolah. Karena saat itu banyak sekolah yang mengadakan pentas seni.

Order yang dia terima pun cukup banyak, bisnis ini mampu bertahan namun tidak lama. Lagi-lagi Hamzah menelan pil kecewa karena rugi. Kali ini kerugian datang dari dirinya sendiri karena kurang menguasai skill.

Bukan Hamzah namanya jika larut dalam kegagala. Ia pun mulai melirik bisnis kuliner. Kelas 2 SMA anak seorang dosen dan guru SMP ini mencoba berjualan makanan ringan di kantin-kantin. Berhasil, dalam satu bulan dia mendapat keuntungan yang cukup untuk ukuran anak SMA.

Saat mengikuti seminar, dia bertemu dengan teman yang kini menjadi partner bisnisnya. Temannya itulah yang menawarkan kerjasama usaha franchise LBB Bintang Solusi Mandiri. Dengan laporan keuangan salah satu cabang LBB yang ingin di take over, Hamzah memberanikan diri bergabung.

Karena modalnya cukup besar, ia pun terpaksa meminta kepada ayahnya. Namun Hamzah hanya mendapat separuh dari modal, sisanya ia bayarkan dari keuntungan setiap semester. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER