Pengusaha Sukses Disabilitas Ini Buktikan Bahwa Keterbatasan Bukan Alasan

Disability is the inability to see ability.

SERUJI.CO.ID – Rasanya quotes Soe Hok Gie “Dan antara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara aku terima ini semua melampaui batas-batas hutanmu, melampaui batas-batas jurangmu,” tepat menggambarkan perjuangan Moh Shobiq.

Di tengah keterbatasan, dia mampu mewujudkan mimpinya. Meski hanya memiliki satu kaki, namun hal itu tak menghalangi semangatnya berkarya, membawa sang ibu menuju titik kesejahteraan.

Keterbatasan fisik hanyalah teori. Ketidakmampuan dianggap hanya pendapat orang lain. Dia senantiasa berfikir bahwa dirinya normal, sama dengan manusia lainnya.

 

Pola pikir itulah yang membakar semangatnya berjuang. Mengantar dia hingga menjadi sosok mandiri. Meski tertakdir sebagai anak seorang petani, dan hanya tumbuh besar dari kasih sayang seorang ibu, nyatanya kini Shobiq bisa mendulang kesuksesan.

Dengan modal doa dari ibu dan istri, dia membangun sebuah usaha kuliner dalam bentuk kafe bernama Warung Mbok Kom. Lokasiny ada di Jl Ketintang Madya Surabaya, tak jauh dari Telkom dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Tak berhenti sampai di situ, keinginannya menjadi manfaat untuk orang banyak juga terwujud seiring berkembangnya usaha yang dia rintis, yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk teman-teman disabilitas.

Terhitung dari 17 karyawan, 15 diantaranya penyandang disabilitas seperti tuli, tuna wicara dan tuna daksa. Mereka dibagi mengerjakan job desk masing-masing seperti pramusaji, juru masak dan tukang parkir.

Bukan tak beralasan, Shobiq mempekerjakan kaum disabilitas mengingat perjuangannya dulunyang sulit mendapat pekerjaan. (Nia)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...
close