close

Langkah Pertama Meredakan Radang Tenggorokan Menyiksa

Kenali gejala sakit tenggorokan. Langkah pertama bisa mencoba dengan bahan alami. Bila sakit belum reda sebaiknya hubungi dokter.

SERUJI.CO.ID –  Radang tenggorokan bisa jadi hal menyebalkan karena membuat orang menjadi serba salah. Makan, minum bahkan tidur pun tenggorokan masih terasa sakit.

Peradangan pada tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi. Dalam kondisi ini, orang akan merasa sakit di bagian tenggorokan, saat menelan makanan maupun cairan.

Penyebabnya bisa beragam, bisa karena infeksi bakteri, virus, atau reaksi alergi terhadap allergen. Namun secara umum, kondisi ini diakibatkan oleh bakteri streptokokus grup A. Meski tak menutup kemungkinan bakteri lain seperti, N. gonorrhoeae, C. diphtheria, dan H. influenza juga memicu adanya penyakit ini.

 

Pertolongan pertama untuk radang tenggorokan, bisa dengan minum pil pereda nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat. Yang perlu diperhatikan saat konsumsi ini adalah, aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun.

Selain itu, cara alami yang bisa anda lakukan adalah dengan minum larutan air lemon hangat. Caranya campurkan perasan jeruk lemon dengan setengah gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Atau bisa juga berkumur dengan larutan garam hangat. Apabila sakit masih berlanjut, anda perlu ke dokter untuk memeriksakan keadaan anda. Selain itu jika diagnosa mengarah pada bakteri, bisa jadi obat yang diberikan dokter adalah obat khusus. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar

Pemakaian Tabir Surya Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Saat memakai tabir surya dan pelembab, area sekitar mata sering terlupakan, terutama dekat hidung