close

Asal Tak Berlebihan, Konsumsi Telur Puyuh Bisa Memberi Banyak Manfaat untuk Tubuh

Batas normal konsumsi telur puyuh adalah 4 hingga 5 butir.

SERUJI.CO.ID – Telur puyuh adalah jenis telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Ukurannya yang kecil, sering dijadikan isian untuk berbagai menu makanan.

Satu porsi telur puyuh, sekitar 4-5 telur biasanya mengandung 380 mg kolesterol. Jumlah tersebut tentu menerabas batas maksimal kolesterol harian. Selain itu, seporsi telur burung puyuh mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Namun, kalori yang terkandung dalam jenis makanan ini terbilang cukup rendah, yakni sekitar 71 kkal.

Tapi tak perlu terlalu cemas berlebihan, karena telur puyuh mengandung protein yang cukup tinggi, sama seperti telur ayam. Dalam satu porsi telur puyuh, mengandung 6 gram protein yang sama dengan jumlah protein dalam satu butir telur ayam.

 

Kandungan protein sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, memelihara kesehatan kulit dan rambut, dan juga menguatkan massa otot.

Telur puyuh juga kaya akan vitamin A dan kolin. Bahkan dalam satu porsi telur puyuh, memberikan 22-28% kebutuhan kolin dalam tubuh dan 10% asupan vitamin A. Kedua gizi baik ini dapat menjaga sistem imun tubuh, mencegah resiko penyakit dan infeksi.

Kandungan selenium dalam telur puyuh juga dapat memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid dan memperbaiki kerusakan DNA. Belum lagi kandungan zat besi yang memproduksi sel darah merah untuk menghalau datangnya anemia. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?

Nia Zulkarnaen Tertarik Bikin Film Tentang Wakatobi

Nia Zulkarnaen akan garap film tentang anak-anak yang berlibu di Wakatobi. Kenapa Nia memilih Wakatobi? Simak alasannya