close

Asal Tak Berlebihan, Konsumsi Telur Puyuh Bisa Memberi Banyak Manfaat untuk Tubuh

Batas normal konsumsi telur puyuh adalah 4 hingga 5 butir.

SERUJI.CO.ID – Telur puyuh adalah jenis telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Ukurannya yang kecil, sering dijadikan isian untuk berbagai menu makanan.

Satu porsi telur puyuh, sekitar 4-5 telur biasanya mengandung 380 mg kolesterol. Jumlah tersebut tentu menerabas batas maksimal kolesterol harian. Selain itu, seporsi telur burung puyuh mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Namun, kalori yang terkandung dalam jenis makanan ini terbilang cukup rendah, yakni sekitar 71 kkal.

Tapi tak perlu terlalu cemas berlebihan, karena telur puyuh mengandung protein yang cukup tinggi, sama seperti telur ayam. Dalam satu porsi telur puyuh, mengandung 6 gram protein yang sama dengan jumlah protein dalam satu butir telur ayam.

 

Kandungan protein sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, memelihara kesehatan kulit dan rambut, dan juga menguatkan massa otot.

Telur puyuh juga kaya akan vitamin A dan kolin. Bahkan dalam satu porsi telur puyuh, memberikan 22-28% kebutuhan kolin dalam tubuh dan 10% asupan vitamin A. Kedua gizi baik ini dapat menjaga sistem imun tubuh, mencegah resiko penyakit dan infeksi.

Kandungan selenium dalam telur puyuh juga dapat memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid dan memperbaiki kerusakan DNA. Belum lagi kandungan zat besi yang memproduksi sel darah merah untuk menghalau datangnya anemia. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI