Tanggapi Cuitan Andi Arief, Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan Komisioner KPU Pramono Ubaid Thantowi ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena diduga tidak netral dalam menanggapi cuitan Andi Arief soal surat suara tercoblos.

Wakil Ketua ACTA Hendarsam Marantoko yang menjadi pengadu di Jakarta, Selasa (8/1), mengatakan, pelaporannya terkait dengan pernyataan Pramono di media massa yang menyebut bahwa kicauan Andi Arief tersebut terencana.

“Pernyataan Pramono Ubaid tersebut sangat tendensius dan menyudutkan Andi Arief yang merupakan pendukung pasangan calon 02. Pramono bukan penyidik pidana karenanya tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan dugaan dalam konteks pidana,” kata Hendarsam.

Menurut Hendarsam, sebagai komisioner, Pramono seharusnya profesional dan hanya menyampaikan pernyataan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Baca juga: Penyampaian Visi Misi Batal, BPN Prabowo-Sandi Laporkan KPU ke DKPP

Hendarsam mengatakan Pramono diduga melanggar Pasal 8 huruf c Peraturan DKPP Nomor 2/2017 jo Pasal 10 Peraturan Bersama KPU, Bawaslu dan DKPP Nomor 13/2012 dan Nomor 11/2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum.

Ia menjelaskan, dalam peraturan tersebut dinyatakan penyelenggara pemilu untuk tidak mengeluarkan pendapat atau pernyataan yang bersifat partisan atas masalah atau isu yang sedang terjadi dalam proses Pemilu.

Dalam pelaporan tersebut, pihaknya melampirkan bukti-bukti berupa sejumlah pemberitaan terkait hal itu.

“Kami berharap laporan kami bisa segera diproses agar kepercayaan masyarakat kepada institusi KPU tidak tergerus,” pungkasnya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER