Jusuf Kalla Imbau Tidak Gunakan Masjid Sebagai Tempat Kampanye

BENGKULU, SERUJI.CO.ID – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk tidak menggunakan masjid sebagai tempat untuk berkampanye politik.

“Jangan ke masjid buat berkampanye tidak boleh. Boleh kampanye kebersihan, kebersamaan dan persatuan; tapi bukan kampanye politik,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri Silaturahmi Pemuda dan Remaja Islam se-Bengkulu di Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu, Ahad (17/2).

Wapres JK menegaskan bahwa rumah ibadah tidak selayaknya digunakan untuk berkampanye demi kepentingan politik kelompok tertentu.

“Masjid bukan untuk kampanye memilih orang, mau pilkada, pemilu, pilpres; karena itu masjid tempat semua pihak,” tegasnya.

Wapres Ingatkan Kalangan Muda untuk Makmurkan Masjid

Masjid At-Tin
Dzikir bersama akhir tahun di Masjid At-Tin, Jakarta, Ahad (31/12/2017). (Foto: Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengingatkan kepada seluruh pemuda dan remaja Islam untuk memajukan dan memakmurkan masjid.

“Apa maknanya memakmurkan masjid? Ialah ramai beribadah sholat dan acara lainnya di masjid. Dan alhamdulillah sama juga di Bengkulu ini tentu punya hal-hal yang baik seperti itu,” jelasnya.

JK juga meminta para remaja dan pemuda Islam untuk merawat bangunan masjid sehingga masyarakat yang datang beribadah merasa nyaman.

JK Sarankan Masjid Terbuka dan Pengeras Suara Searah

Masjid Al Akbar Surabaya (foto:Masjid Al Akbar Surabaya)

Bangunan masjid, menurut JK, sebaiknya terbuka dan dengan posisi pengeras suara yang satu arah, sehingga khotbah nyaman didengar jamaah masjid.

“Saya suka masjid yang terbuka begini, selain (banyak) udaranya juga banyak pohon. Kalau ini saya lihat sepintas, bagus kubahnya karena ini menyerap suara. Cuma cara memasang ‘speaker’ jangan begini, harus satu arah,” ujarnya.

Wapres JK melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu, Minggu, untuk menghadiri tiga agenda, yakni penutupan Tanwir Muhammadiyah, silaturahmi dengan pemuda dan remaja masjid se-Bengkulu, serta meninjau renovasi pelabuhan PT Pelindo II Bengkulu.

Editor:Hrn
Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Politisi Kampungan

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close