Voting Dua Putaran, Sunarto Terpilih Sebagai Wakil Ketua MA

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Kamar Pengawasan di Mahkamah Agung (MA) Sunarto, terpilih sebagai Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial melalui sistem voting dua putaran.

“Dr H Sunarto dinyatakan sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non-Yudisial, selanjutnya, surat keputusan akan diteruskan kepada Presiden,” ujar Ketua MA Hatta Ali mengumumkan hasil rekapitulasi suara di Gedung MA Jakarta, Kamis (26/4).

Berdasarkan rekapitulasi suara oleh 46 orang Hakim Agung, Sunarto memperoleh 24 suara mengalahkan Hakim Agung Andi Samsan Nganro yang memperoleh 21 suara, sementara satu suara dinyatakan tidak sah.

Satu suara yang tidak sah tersebut berisi nama Hakim Agung Artidjo Alkostar yang bukan merupakan calon dengan perolehan suara terbanyak dalam voting putaran pertama.

Baca juga:MA Kembali Gelar Pemilihan Wakil Ketua

Pemilihan Wakil ketua MA bidang Non-Yudisial ini dilakukan oleh 46 orang hakim agung dari 48 orang hakim agung, dan dilakukan secara terbuka untuk umum.

Adapun mekanisme Pemilihan Wakil Ketua MA ini baru dinyatakan sah apabila dihadiri oleh dua pertiga dari jumlah hakim agung yang ada pada MA.

Hakim agung yang mendapatkan minimal 50 persen ditambah satu suara yang sah akan langsung ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA.

Namun jika hasil pemilihan tidak memenuhi jumlah suara yang sah, maka pemilihan akan dilanjutkan dengan putaran kedua dengan dua calon yang memperoleh suara terbanyak.

Sunarto menggantikan posisi Suwardi yang memasuki masa purnabakti pada Juni 2017.

Pemilihan Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial untuk menggantikan Suwardi baru dilaksanakan karena adanya isu revisi RUU Jabatan Hakim mengenai jumlah wakil ketua bidang nonyudisial, yang ternyata hingga saat ini belum diundangkan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER