Tentang Sebuah Nama

Oleh: Fahd Pahdepie

Berbisnis ternyata bukan sesuatu yang mudah. Saya perlu banyak belajar, saya perlu dikayakan dengan banyak pengalaman. Di masa-masa awal, segalanya begitu berat. Ternyata mengeksekusi gagasan menjadi sesuatu yang ‘sustainable’ dan ‘profitable’ bukanlah hal yang sepele.

Di sanalah Pak Denny benar-benar menjadi seorang ‘guru’. Ia banyak memberi saya ilmu yang tak akan saya lupakan sepanjang hidup. Saat saya lalai, saya ditegur. Saat saya tak tahu, saya diberi tahu. Saat saya goyah, saya dikuatkan. Dari bulan ke bulan, tahun ke tahun. Saya benar-benar memposisikan diri sebagai murid yang ingin belajar dengan impian menjadi besar.

Hari ini adalah salah satu hari yang besar dalam hidup saya. Hari ini saya berhasil membukukan sebuah prestasi dalam pencapaian pribadi saya. Bukan tentang seberapa besar yang saya hasilkan dalam bisnis apapun. Bukan tentang penghargaan dari ajang bergengsi. Tetapi hari ini saya bisa memberikan ‘profit sharing’ pada mentor saya, sekaligus mengembalikan dana investasi yang ditanamnya.

Dari semua rasa syukur yang saya miliki, saya ingin mengucapkan terima kasih yang begitu besar pada sosok Denny JA. Sosok yang bukan hanya memberi saya inspirasi, tetapi juga memberi saya kesempatan, rasa percaya, dan tanggung jawab. Bukan hanya itu, saya juga diizinkan untuk menjadi muridnya.

Denny JA tetaplah Denny JA, barangkali ia sosok brilian yang hanya akan lahir sekali dalam sejarah—paling tidak dalam sejarah hidup yang saya alami. Ia tetap dipuji dan dikhianati banyak orang. Ia tetap dicibir sekaligus dibutuhkan banyak orang. Ia adalah man of ideas, man of controversy, man of history.

Sering kali kerja besarnya tak diakui orang. Sering kontribusinya tak dianggap dan disembunyikan ke kolong meja. Sering sumbangan-sumbangan pentingnya disepelekan. Banyak orang yang enggan diasosiasikan dengannya, atau tak mau menyebut namanya dalam beberapa acara—meskipun Denny JA berperan penting di balik layarnya.

Namun, saya akan jadi orang yang akan selalu menyebut namanya ketika menceritakan sejarah hidup saya. Bersaksi bahwa ia adalah orang baik yang luar biasa. Dan saya bangga—bagaimana pun cara orang melihatnya.

Megamendung, 30 Agustus 2018

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi