Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Catatan Perjalanan Denny JA


Hanya 61 negara yang masuk dalam daftar itu. Amerika Serikat rangking pertama karena menempatkan 579 perusahaan. Tapi nomor dua adalah Cina karena menempatkan 309 perusahaan. Jumlah perusahaan besar di Cina melampui Jepang yang hanya 223 perusahaan.

Bagaimana dengan tumbuhnya perusahaan swasta di Cina sekarang ini? Rumusnya adalah 60/70/80/90. Cara membacanya: perusaan swasta itu menyumbang 60 persen dari total GDP Cina. Perusahaan swasta melakukan total 70 persen dari inovasi bisnis yang ada di negara itu. Juga perusahaan swasta menyerap 80 persen tenaga kerja perkotaan. Dan pula perusahaan swasta yang melahirkan 90 persen pekerjaan baru.

Di era Mao Tse Tung, perusahan swasta dianggap agen kapitalisme. Mereka musuh negara. Kini peran dan kontribusi perusahaan swasta di Cina itu meraja lela.

Namun kapitalisme di Cina berbeda dengan umumnya negara kapitalisme di barat. Begitu banyak perusahaan swasta yang tumbuh, yang dominan tetap dimiliki negara. Mereka disebut SOE (State Owned Enterprise). Pengelola SOE pelan pelan dialihkan kepada tim eksekutif profesional yang tak boleh dicampuri oleh politisi.

Karena itu, memang corak kapitalisme yang tumbuh di Cina lebih tepat disebut kapitalisme negara. Belum tumbuh pula demokrasi di sana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close