JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Temuan G-Communications (G-Comm) dalam risetnya terhadap isi pemberitaan media yang membahas soal isu-isu yang beredar terkait pasangan calon Presiden-Wakil Presiden di Pilpres 2019, diantaranya ‘tone‘ pemberitaan.
Direktur G-Comm, Andi Irman mengatakan, ditemukan pemberitaan dengan nada positif untuk pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf sebanyak 93 persen. Sementara yang bernada negatif sebanyak 7 persen.
“86 persen pemberitaan dari enam media terhadap pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga bernada positif, sedangkan 14 persen bernada negatif,” kata Andi dalam rilis hasil riset yang berjudul ‘Riset Pemberitaan Media tentang Pemilihan Presiden 2019’ di Jakarta, Senin (11/2).
G-Comm adalah perusahaan yang memberikan layakan komunikasi terintegrasi; Media Manajemen, Media Sosial, Smart Media Monitoring dan Media Relations. G-Comm merupakan anak usaha dari G-Indonesia Suskses Mulia.
“Riset dilakukan selama periode 1-31 Januari 2019 pada 3 (tiga) media online yakni Detik.com, Kompas.com dan Antaranews.com serta 3 (tiga) media cetak yakni Kompas, Republika dan Jawa Pos, dengan jumlah total berita 1.923,” ungkap Adi.
Berdasarkan kategori media, media online lebih mendominasi dari pada media cetak. Hal ini menggambarkan minat pembaca topik tentang Pilpres lebih banyak di media online.
