Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

Oleh: Budi Setiawanto

SERUJI.CO.ID –¬†Peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami oleh Ketua DPR Setya Novanto saat menumpang kendaraan Hilman Mattauch, seorang wartawan sebuah stasiun televisi, bisa menjadi salah satu contoh kehidupan wartawan dalam lingkaran elite.

Setiap wartawan atau jurnalis memang tidak hanya dituntut untuk menyajikan pemberitaan yang objektif dan akurat serta mematuhi ketentuan perundang-undangan dan kode etik, tetapi juga menjalin hubungan baik dengan narasumber, terlebih dengan tokoh penting atau kalangan elite.

Kemampuan melobi dan menunjukkan kedekatan dengan narasumber bahkan menjadi salah satu materi dalam uji kompetensi wartawan dari Dewan Pers atau berbagai organisasi profesi dan institusi pers yang berwenang menyelenggarakan uji kompetensi wartawan.

Wartawan yang tidak bisa menunjukkan kedekatan dengan narasumber untuk mendapatkan informasi dalam waktu singkat maka bisa saja tidak lulus dalam uji kompetensi tersebut alias dinyatakan tidak kompeten. Bahkan tidak bisa mendapatkan sertifikat dan kartu kompetensi wartawan muda, madya, atau utama.

Namun yang perlu diingat adalah kedekatan dengan narasumber tetaplah kedekatan yang berjarak.

Maksud dari kedekatan yang berjarak adalah tidak menyebabkan konflik kepentingan antara kepentingan wartawan dalam mendapatkan informasi terkini dari narasumber dan kepentingan lain yang bisa saja memengaruhi isi berita, seperti memenuhi ambisi narasumber untuk mencapai sesuatu melalui wartawan, atau wartawan berharap sesuatu di luar informasi dari narasumber.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER