JPU Ajukan Banding Vonis Ahok, Politikus PKS: Jaksa Bekerja Untuk Siapa?

6
417
Aboebakar Alhabsy
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera, Aboebakar Alhabsy

JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera Aboebakar Alhabsy menyoroti upaya Jaksa Agung M. Prasetyo yang mengajukan banding atas vonis dua tahun penjara majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Aboebakar menilai langkah itu tidak lazim.

“Sebenarnya banding atas putusan perkara pidana itu merupakan hak dari jaksa. Hak tersebut sangat lazim digunakan oleh jaksa apabila vonis hakim jauh lebih rendah dari tuntutan,” ujar Aboebakar dalam siaran pers, Ahad (14/5).

Aboebakar melanjutkan, jika kemudian jaksa justru mengajukan banding atas vonis Ahok, padahal vonis jauh lebih tinggi dari tuntutan, patut untuk dicurigai.

“Pasti publik bertanya, pengajuan banding jaksa ini untuk kepentingan siapa? Dan jaksa ini bekerja untuk siapa?” kata Aboe yang juga anggota Komisi III DPR.

Aboe berpendapat, apabila upaya banding atas putusan Ahok diajukan oleh tim pengacara, pastilah publik sangat memahaminya karena tugas mereka melakukan pembelaan.

Yang tidak wajar, saat jaksa justru mengajukan banding. Sebab, menurutnya, tugas jaksa adalah membuktikan adanya kesalahan dari terdakwa.

“Tugas jaksa adalah mewakili negara untuk membuktikan tindak pidana dari terdakwa, bukan membela atau meringankannya,” ujar politikus PKS itu.

Sebelumnya, Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan jaksa akan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta atas vonis dua tahun kepada Ahok terkait perkara penodaan agama. Putusan majelis hakim itu lebih berat dibanding tuntutan jaksa penuntut umum yang hanya menuntut gubernur nonaktif DKI Jakarta itu dengan pidana penjara satu tahun dan dua tahun pidana percobaan, karena dianggap tidak terbukti menista agama.

 

EDITOR: Iwan Y

loading...

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
traffic

Beijing Akan Terapkan Aturan Pembatasan Kendaraan Bermotor

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Beijing mengeluarkan kebijakan baru untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di Ibu Kota China itu guna memperlancar arus lalu lintas di...

Dua Gol Kane Taklukkan Tunisia 2-1

VOLGOGARD, SERUJI.CO.ID - Gol tandukan kepala menjelang pertandingan usai dari dua gol Harry Kane membawa Inggris menang 2-1 atas Tunisia pada pertandingan pembukaan Grup G...

Dikalahkan Swedia, Son Heung-min Salahkan Dirinya Sendiri

NIZHNY NOVGOROD, SERUJI.CO.ID -Penyerang Son Heung-min menyalahkan dirinya sebagai penyebab kekalahan 1-0 Korea Selatan (Korsel) oleh Swedia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia mereka pada...

Kekalahan Jerman, Peringatan Spanyol untuk Hadapi Iran

KAZAN, SERUJI.CO.ID - Spanyol memulai pertandingan pembuka Piala Dunia yang sulit melawan Portugal dengan pola permainan yang mengesankan setelah diterpa masalah pemecatan pelatih Julen Lopetegui...

Belgia Taklukkan Panama 3-0

SOCHI, SERUJI.CO.ID - Kreatifitas dan kekuatan Belgia terbukti terlalu kuat bagi debutan Piala Dunia Panama, ketika favorit Grup G itu mengatasi aksi heroik kiper Jaime...