Ditanya Soal Username Wifi Gunakan Al-Maidah 51, Ahok Berkilah “Nyindir”

JAKARTA – Dalam persidangan ke 17 kasus penistaan agama Islam dengan agenda pemeriksaan terdakwa dan barang bukti, Hakim menanyakan kepada terdakwa, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terkait sebuah video yang memperlihatkan terdakwa akan membuat jaringan Wifi dan akan menggunakan username “Al-Maidah 51” dan password “kafir”.

Menjawab pertanyaan Hakim, Ahok berkilah bahwa ia menginginkan Pemprov DKI Jakarta membeli tanah di depan masjid untuk digunakan membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang dilengkapi dengan Wifi berpasword ayat Al-Quran.

“Nantinya di RPTRA itu disediakan Wi-Fi kemudian diberikan password yang berhubungan dengan ayat Alquran karena lokasinya berdekatan dengan masjid dan bisa mendorong anak-anak rajin baca Alquran. Saya tahunya Al Maidah ayat 51,” kata Ahok dalam sidang yang diadakan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Selasa (4/4).

Mengenai password “kafir”, Ahok berkilah bahwa itu hanyalah sebuah sindiran kepada orang-orang yang setiap hari berunjuk rasa di Balai Kota yang menentangnya menjadi gubernur DKI Jakarta, juga untuk menyindir PNS tertentu di Balai Kota yang tidak menginginkan dirinya kembali menjadi gubernur Jakarta.

Dalam persidangan yang berlangsung hingga tengah malam tersebut, Ahok juga mengaku bahwa ia menyinggung soal Wi-Fi dengan username “Al Maidah 51” dan password “kafir” saat rapat bersama dengan pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta di Balai Kota.

Ahok dikenakan dakwaan alternatif, yakni Pasal 156a yang mengatur ujaran kebencian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Sidang berikutnya akan diadakan pada Selasa depan tanggal 11 April 2017, dengan agenda pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Sidang pada Selasa depan tersebut merupakan sidang ke 18 dan Hakim telah memutuskan sidang akan disiarkan secara langsung.

EDITOR: Harun S

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER