Kenalkan Indikator Pembangunan, BPS dan Pemprov Jatim Gelar “Statistical Capacity Building”

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Menindaklanjuti permintaan Gubernur Jawa Timur untuk mengenalkan berbagai Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Daerah, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur Statistical Capacity Building (SCB).

SCB ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Selasa (6/11) sampai dengan Kamis (8/11) bertempat di Hotel Shangrilla, Surabaya.

Tujuan SCB yang dihadiri oleh Bupati/Wali Kota dan kepala Bappeda se-Jawa Timur ini adalah untuk memperkenalkan lebih dalam indikator pembangunan, yang terdiri dari; Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, IPM, Kemiskinan, Ketimpangan, dan Pengangguran.

“Pengenalan IKU secara statistik dimaksudkan agar Pemerintah Kabupaten/Kota mendapat gambaran bagaimana indikator-indikator tersebut dibentuk dan disusun. Pemahaman yang lebih mendalam diharapkan akan memunculkan program-program kerja yang langsung berkaitan dengan indikator-indikator tersebut,” kata Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Teguh Pramono saat menyampaikan sambutan, di Hotel Shangrilla, Surabaya, Selasa (6/11).

BPS. kata Teguh, akan memperkenalkan bagaimana teknik pengumpulan data, penghitungan, dan cara membaca angka-angka yang menjadi indikator ekonomi dan sosial suatu daerah guna menjadi acuan Pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Materi yang akan disampaikan selama SCB ini meliputi Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kemiskinan dan Ketimpangan Pengeluaran, dan Profil Ketenagakerjaan dan Pengangguran.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Ir. Soekarwo dan akan dipimpin langsung oleh kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Dr. Suhariyanto. (Dy/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER