Jelang Musda Kadin Surabaya, Pengamat: Calon Ketua Jangan Yang Hanya Sibuk Urus Usaha Sendiri

Selain itu, Murpin menyoroti fungsi Kadin sebagai wadah komunikasi pengusaha dengan pemerintah yang dinilai masih belum terlihat perannya.

“Tampak masih gamang. Pemerintah juga belum memandang kekuatan lebih dari Kadin, (sehingga) Kadin belum punya posisi tawar yang tinggi,” tuturnya.

Murpin yang juga Dewan Penasehat Kadin Surabaya ini berharap Ketua Kadin Surabaya mendatang selain pandai beretorika juga harus pintar dalam strategi pemberdayaan ekonomi rakyat, serta dekat dan mau mendengar pendapat dari akademisi dan para ekonom.

Dan yang terpenting, tegas Murpin, tidak punya cacat bisnis masa lalu dan calon Ketua Kadin harus berani nyatakan pada seluruh anggotanya bahwa jika terbukti ikut dalam pusaran suap menyuap dalam tender atau proyek tertentu, harus siap mundur dari Ketua Kadin dan dicabut keanggotaannya.

“Karena modus korupsi sering merupakan kolaborasi antara penguasa dan pengusaha. Penguasa bisa ada di lingkaran pemerintah dan di anggota DPRD dan partai politik,” tukas Murpin.

Terakhir, Sekjen Forum Pendidikan Jatim ini berharap Ketua Kadin Surabaya kedepan selain mampu membangkitkan ekonomi juga tetap menjaga budaya khas Surabaya ditengah perkembangan kota yang makin metropolis.

“Juga mampu mengandeng perguruan tinggi dengan hasil-hasil risetnya untuk dipakai dalam percepatan ekonomi kelas start up bisnis,” pungkas Murpin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

Turunkan Berat Badan Sedikit, Manfaatnya Banyak.

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Menurunkan berat...

TERPOPULER