Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Menurut Fahira, besarnya ruang interaksi di pasar membuat potensinya menjadi titik penyebaran corona juga menjadi besar.

“Jika pasar menjadi titik penyebaran baru maka dampaknya akan luar biasa bukan hanya bagi upaya penanggulangan Covid-19 yang akan menjadi lebih berat lagi, tetapi dampak ekonomi dan sosialnya juga tidak kalah berat,” kata Fahira.

Besarnya ruang interaksi di pasar akan mempersulit upaya pelacakan karena contract tracing tidak hanya menyasar pedagang tetapi juga para pembeli dan pengunjung pasar. Kondisi penyebaran seperti ini membutuhkan energi yang luar bisa untuk menghentikannya.

Selain itu, penutupan pasar dalam masa waktu tertentu akibat ditemukan kasus positif juga akan berdampak besar terhadap pasokan bahan pokok dan roda ekonomi para pedagang. Oleh karena itu, semua sumberdaya harus dikerahkan untuk mencegah pasar menjadi titik penyebaran.

Di tengah kondisi yang serba sulit dan penuh keterbatasan seperti yang terjadi saat ini, lanjut Senator Jakarta ini, Pemerintah, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan memang harus memutar otak untuk melindungi keselamatan dan roda ekonomi rakyat. Namun, yakinlah jika saat ini semua sumberdaya termasuk anggaran kita optimalkan untuk mencegah pasar menjadi titik penyebaran corona maka biaya ekonomi dan sosialnya akan lebih ringan dibanding jika nanti pasar menjadi klaster baru penularan.

“Saya apresiasi kepala-kepala daerah yang sudah mulai mengerahkan sumberdaya nya untuk mencegah pasar menjadi titik penyebaran corona. Mulai dari menggelar tes massal untuk pedagang pasar, intensif melakukan pelacakan kontak, penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi pedagang dan pengunjung, inisiatif layanan belanja online, hingga penerapan sistem ganjil-genap bagi pedagang. Upaya-upaya ini saya harapkan dilakukan berkesinambungan sehingga pasar benar-benar menjadi area yang paling aman dari penyebaran corona,” pungkas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.