Begini Tanggapan “Santuy” Anies Baswedan Soal Karikatur “Terendam di Lem Aibon” Tempo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Majalah berita mingguan, Tempo, menurunkan liputan tentang temuan anggaran janggal dalam rancangan RAPBD DKI Jakarta yang sempat membuat heboh tanah air dan jadi perbincangan di media sosial.

Di cover depan, Tempo menulis dengan judul besar “Aib Anggaran Anies”.

“Rancangan bujet DKI Jakarta bertabur proyek janggal. Gubernur Anies Baswedan ditengarai bakal bagi-bagi dana hibah buat pendunkungnya,” bunyi penggalan kalimat di cover depan majalah edisi 11-17 November 2019 ini.

Yang menarik, sebagaimana kebiasaan Tempo selama ini, menampilkan gambar yang sarat makna berupa karikatur Anies Baswedan yang sedang terendam di dalam lem Aibon dan berusaha menggapai keluar.

Sebagaimana diketahui salah satu anggaran janggal dalam KUA-PPAS DKI 2020 yang ditemukan dan dipublikasikan oleh anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI, William Aditya Sarana adalah rencana pengadaan lem Aibon senilai Rp82 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Barat.

Menanggapi cover majalah Tempo yang sarat kritik tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab dengan “santuy” (istilah di media sosial yang artinya santai, red).

“Karikaturnya boleh juga. Kalau tidak begitu bukan Tempo namanya,” tulis Anies lewat akun twitternya yang terverifikasi @AniesBaswedan, yang dipantau SERUJI, Ahad (10/11) siang.

Tak tersinggung, Anies malah menyampaikan terimakasih kepada Tempo yang telah menjalankan tugasnya sebagai pilar keempat demokrasi.

“Semoga perbaikan sistem yang sedang berjalan bisa segera kami tuntaskan. Terus awasi kami yang sedang bertugas di pemerintahan,” tukas Anies.

Ciutan mantan Menteri Pendidikan ini mendapat respon positif dari warganet.

“Subhanallaaahh….luar biasa.. Sy ampe merinding…gubernur rasa presiden memang nyata… Sehatt trs bpk… semoga Allahh mmberi kmudahan disetiap langkahh bpk ..!!!” kata akun @Nidha29577690.

“Terima kasih pak sudah bersikap dewasa,” tulis akun @hasanhasmalik menanggapi.

Pantauan SERUJI hingga pukul 12.54 WIB ciutan tersebut telah di retweet sebanyak 5.894 kali dan disukai sebanyak 15.509 akun.

Berikut ciutan lengkap Anies Baswedan;

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER