Begini Cara Mendapatkan Kartu BPJS dalam Kondisi Darurat


SUKOHARJO – Banyak masyarakat yang terbatas kemampuan ekonominya akan tetapi belum mendapatkan distribusi kartu BPJS dari pemerintah, bagaimana bila terjadi kedaruratan medis pada kelompok masyarakat ini? Misal terdapat kasus serangan stroke pada keluarga miskin, kemudian dibawa ke IGD rumah sakit. Sementara penderita tersebut belum mempunyai kartu BPJS.

Berikut cara mendapatkan kartunya:

1. Mintalah surat keterangan tidak mampu ( SKTM ) dari kelurahan setempat.

2. Mintalah surat rekomendasi ke Dinas Sosial dengan melampirkan SKTM

3. Membuat kartu BPJS mandiri kelas 3 di kantor BPJS setempat (harus kelas tiga, tidak diperkenankan kelas diatasnya). Adapun persyaratan pendaftaran BPJS mandiri adalah foto kopi KTP, foto kopi kartu keluarga, pas foto 3 x 4 1 lembar, uang untuk iuran BPJS untuk sebulan.

Kartu BPJS harus sudah jadi sebelum 3 x 24 jam terhitung sejak pasien masuk IGD. Berkoordinasilah dengan pihak rumah sakit bahwa pasien tersebut bukan pasien umum tetapi pasien BPJS darurat yang kartunya sedang dalam proses pembuatan. Dan daftarlah di kelas 3.

Kartu BPJS mandiri menunggu 14 hari sejak pendaftaran untuk bisa berlaku. Pengecualian apabila ada surat rekomendasi dari Dinas Sosial maka kartu BPJS bisa langsung berlaku.

EDITOR: Rizky

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close