Perbaikan Akta Kelahiran Meningkat Saat PPDB 2018

BENGKULU, SERUJI.CO.ID –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kota Bengkulu menyebutkan permintaan perbaikan data akta kelahiran meningkat cukup tinggi yakni sekitar 25 persen pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018.

Kepala Bidang Pendataan Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo, di Bengkulu, Sabtu (30/6), menyebutkan, beberapa minggu belakang ini, setiap harinya Dukcapil menerima permohonan dari 300 pemohon.

“Salah satu syarat untuk masuk sekolah kan harus ada akta kelahiran, dan datanya harus cocok dengan berkas kependudukan lainnya,” kata dia.

Kesalahan data administrasi yang banyak ditemukan lanjut Widodo, yakni soal huruf atau ejaan nama maupun nama orang tua, sebagian lagi terkait tempat serta tanggal lahir.

“Yang banyak ditemukan yakni, bagi masyarakat yang memiliki akta kelahiran model lama atau manual, yakni yang belum masuk sistem data kependudukan,” katanya.

Walaupun pemohon perbaikan data akta kelahiran meningkat, Dukcapil Kota Bengkulu meyakinkan bahwa pelayanan bagi masyarakat tetap maksimal. Yang terpenting, kata Widodo, masyarakat sebagai pemohon melengkapi seluruh berkas yang dibutuhkan guna melakukan verifikasi ulang sebelum diterbitkan akta perbaikan yang baru. Tak jarang ditemukan pemohon tidak melengkapi seluruh berkas, akibatnya pencetakan akta baru menjadi tertunda dan lebih lama dari yang semestinya.

“Coba cek dulu, baru diarahkan berkasnya apa sudah lengkap atau belum, nanti pas terlambat malah protes. Padahal bapak, ibu, yang mengurus, tidak menyertakan berkas seperti yang telah kita umumkan,” ujarnya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.