Perekonomian Timur Tengah Jaman Old

Dalam banyak sumber keagamaan islam (Qur’an dan Hadits), Nabi sangat pro-pasar dengan menekankan nilai etika keagamaan tentang perniagaan, seperti larangan menimbun barang, menjual barang sesui dengan timbangan, ataupun larangan menyembunyikan kecacatan barang dagangan serta menekankan persaingan yang adil di pasar (Nasution, et.al., 2012).

Pada saat melakukan hijrah ke Madinah, yang dibangun pertama kali oleh umat islam selain masjid adalah pasar. Peradaban Islam di era berikutnya juga memastikan terjadinya aktifitas perekonomian, dimana di setiap kota kecil dibangun pasar sentral lengkap dengan khan-khan (kios-kios/gudang-gudang), disamping hammam dan masjid (Purnama, 2011).

Penjelajah Arab seperti Ibnu Khaldun mengkonfirmasi kenyataan ini dan menuliskan dalam bukunya yang terkenal berjudul Al-muqadimah. Ibnu Khaldun, seorang ilmuwan traveler menjelajahi negeri-negeri muslim, untuk mempelajari sistem pemerintahan, perekonomiannya dan menganalisa maju-mundur peradaban mereka.

Eleanor Sims (dalam Purnama, 2011) mengatakan bahwa pasar di kota-kota Islam biasanya berada di pusat kota, terletak di persimpangan jalan sehingga bisa dijangkau dari keempat penjuru. Pasar di Timur Tengah biasanya berupa jalan yang tertutup, dengan gedung besar serta gudang-gudang yang disebut suq (Arab), chara suq (Persia) atau carsi (Turki).

Bangunan-bangunan pasar yang menjadi simbol kemakmuran berbagai wilayah Islam tersebut juga diperlengkapi dengan penginapan untuk para pedagang dari wilayah lain, yang menunjukkan globalisasi dan perdagangan yang dinamis yang terjalin di dunia Islam.

Heilbroner dalam Karim 2007 (hal-16) menjelaskan kemajuan Arab abad pertengahan dalam berdagang. Ketika orang-orang di Eropa masih melakukan barter untuk pertukaran produksi pertanian feodal mereka, muslim telah mengalami kemajuan dalam perdagangan internasionalnya sambil menyebarkan agamanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.