Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr Mulya Rahma Karyanti, SpA(K), MSc mengatakan, bayi yang terinfeksi virus dengue biasanya demam dan susah minum.

Usia bayi, kata Karyati, sangat rawan terserang virus yang mengakibatkan penyakit demam berdarah ini.

“Bayi berusia enam hingga sembilan bulan sangat rawan tertular penyakit demam berdarah,” kata Karyati di Jakarta, Rabu (13/2).

Ciri Awal Bayi Terinfeksi Virus Dengue

Tanda Demam berdarah
Contoh bintik merah di kulit pada penyakit demam berdarah.

Karyanti menjelaskan ciri awal bayi yang terinfeksi virus dengue antara lain demam, muncul bintik merah pada tangan dan kaki, sulit minum, dan jarang buang air.

Dia mengingatkan para orangtua agar lebih waspada apabila di lingkungan sekitarnya ada orang yang terserang demam berdarah dengue (DBD).

“Bayi termasuk kelompok risiko tinggi jika terkena DBD berat kalau tidak tertolong dari awal,” katanya.

“Kalau anak kena DBD memang sulit minum, enggak mau minum. Walaupun tidak muntah tapi jika tidak masuk cairan sama sekali, sebaiknya ke fasilitas kesehatan terdekat. Semakin tidak minum, dia akan dehidrasi, perhatikan buang air kecilnya, kalau pakai popok selama 12 jam masih kering itu harus jadi perhatian,” jelasnya.

Pentingnya Kenali Sejak Dini Gejala Demam Berdarah

Bayi demam panas tinggi, ciri demam berdarah. (Ilustrasi)

Karyanti juga mengingatkan para orangtua agar waspada bila anak demam selama tiga hari, lalu pada hari ketiga suhu tubuhnya turun dan tidak demam lagi serta aktivitasnya menurun atau tidak ceria lagi.

“Jika pada hari ketiga demam anak turun tapi tidur terus, itu hati hati,” kata Karyanti.

Dia menekankan pentingnya orangtua mengetahui sejak dini gejala awal DBD pada anak untuk mencegah keterlambatan dalam penanganan, karena rata-rata kematian dalam kasus demam berdarah terjadi karena keterlambatan penanganan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER