Perekonomian Timur Tengah Jaman Old

SERUJI.CO.ID – Secara geografis semenanjung Arabia adalah wilayah yang didominasi oleh padang pasir terluas di dunia yang kering tanpa sungai bernama Rub al-Khali. Hanya terdapat sedikit tanah subur di Semenanjung Arabia yaitu yang dikenal dengan fertile crascent di wilayah sekitar Suriah, Turki dan Iraq Utara (Republika, 2012). Yang lainnya adalah wilayah Yaman yang mendapatkan sedikit hujan sehingga lebih subur dari wilayah lainnya.

Kondisi geografis given seperti ini membentuk karakteristik sosial ekonomi yang unik, dimana selain peternakan dan pertanian, perdagangan menjadi pilihan logis bagi penduduknya. Pertanian di Timur Tengah adalah pergulatan secara terus-menerus untuk menaklukkan alam yang panas dan kering.

Dari suku-suku gurun pasir, bangsa Arab berkembang menjadi bangsa yang berdagang jauh ke wilayah lain bahkan sejak jaman pra-Islam. Pada jaman Nabi Muhammad SAW, penduduk Makkah adalah generasi kedua bangsa nomaden yang mulai menetap. Islam yang berkembang cepat dan ekspansif memberikan dorongan bagi muslim Arab untuk mengenal peradaban maju lainnya, termasuk melalui perdagangan.

Semenjak jaman Khulafaur Rasyidin, kekuasaan Arab meluas menyentuh Bizantium, Mesir dan Persia yang dikenal sebagai Timur Tengah kini. Muslim Arab belajar dari peradaban besar yang ditundukkannya, membentuk peradaban baru yang merupakan sintesis yang unik.

Jika peradaban besar biasanya muncul dan berkembang di sekitar sungai besar yang menopang kehidupan penduduknya, Bangsa Arab mampu menciptakan peradaban besar dari gurun pasir yang panas dan kering.

Timur Tengah dan Perdagangan

Perdagangan sebagai jalan hidup telah mapan pada saat Muhammad SAW memulai misinya di Mekkah. Sang Nabi sendiri adalah seorang pedagang sukses yang menjalankan bisnis sampai ke Syiria (Armstrong, 2001). Sebagai operator bisnis Khadijah, Muhammad SAW melakukan perjalanan dagang ke Negeri Syam dan memperoleh sukses besar dengan menghasilkan keuntungan yang sangat banyak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Muru’ah

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.