Palestina Berkomitmen Damai dengan Israel

PALESTINA, SERUJI.CO.ID – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Rabu (27/6) mengatakan pihak Palestina bersungguh-sungguh mengenai perdamaian dengan Israel dan kedua negara bisa hidup dalam kedamaian dan kestabilan dengan dasar perbaasan 1967.

Pernyataan Abbas itu dikeluarkan saat ini menerima Pangeran William dari Inggris di kantornya di Kota Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan.

“Kami ingin mencapai perdamaian melalui perundingan dan ini adalah posisi kami yang belum berubah sejak lama,” kata Abbas.

Itu adalah kunjungan pertama oleh seorang anggota kerajaan Inggris ke wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Abbas, saat menyambut kunjungan bersejarah tersebut, mengatakan ia berharap itu takkan menjadi kunjungan terakhir, dan Pangeran Inggris tersebut akan kembali ketika rakyat Palestina meraih kemerdekaan.

Sementara itu, Abbas kembali menyampaikan posisinya mengenai terorisme.

“Kami berkomitmen untuk memerangi terorisme di mana pun itu, baik di tingkat lokal, regional maupun internasional, dan untuk itu kami melakukan kontak dengan semua negara,” katanya.

Selama kunjungan tak resminya, Pangeran William mengunjungi Kamp Pengungsi Jalazon di dekat Ramallah, singgah untuk melakukan kunjungan di kota tua di kota tersebut untuk acara budaya, dan kemudian menyaksikan pertandingan sepak bolah oleh anak-anak setempat.

Pada Selasa (26/6), Kementerian Luar Negeri Palestina mengutuk serangan oleh pemukim Yahudi terhadap orang Palestina dan tempat suci mereka, dan mengatakan pemerintah Israel bertanggung-jawab atas serangan itu.

Kementerian tersebut mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa pada tahap ini, pemerintah Israel melihat kesempatan untuk melakukan rencana perluasan kolonial, termasuk penuntasan Judaisasi atas Jerusalem, perluasan permukiman serta makin menghapuskan kehadiran Palestina dari wilayah pendudukan.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah bentrokan pada malam hari antara orang Palestina dan pasukan Israel tepat setelah pemukim memasuki Kota Nablus di Tepi Barat Sungai Jordan dan melakukan upacara di Makam Nabi Yusuf AS tempat yang dipandang suci oleh kedua pihak.

Beberapa sumber medis mengatakan lebih dari 35 orang Palestina, termasuk seorang wartawati dan seorang anak kecil, cedera oleh tentara Israel yang menembakkan peluru berlapis karet dan peluru aktif, gas air mata serta granat kejut untuk membubarkan orang Palestina.

Pemukim Yahudi juga menyerang warga sipil Palestina dan kendaraan mereka di Desa Burqa.

Kementerian Luar Negeri Palestina menuduh Amerika Serikat mendukung Israel, dan membiarkan pemukim Yahudi melancarkan provokasi dan kekerasan terhadap orang Palestina dan tempat suci mereka.

Kementerian tersebut juga menyeru Dewan Keamanan PBB agar mempercepat pelaksanaan mekanisme hukum internasional dan prosedur untuk mengaktifkan sistem perlindungan internasional sebelum keadaan sangat terlambat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....