Kasihan…, 250 Paus Pilot Mati Terdampar

FAREWELL SPIT – Pemandangan menyayat hati tampak di Farewell Spit di Golden Bay di ujung Pulau Selatan di Selandia Baru. Sejak Kamis 2 Februari, seekor demi seekor paus pilot terdampar dengan sendirinya di pantai. Hingga Sabtu sore 4 Februari, ada sektiar 400 ekor bergulingan di pasir putih. Yang menyedihkan, Departemen Konservasi menyatakan setidaknya 250 sudah mati.

Ratusan tim penyelamat dan relawan berusaha keras menyelamatkan paus dalam insiden terdampar terbesar ketiga dalam sejarah negara itu. Mereka menyirami, mengangkat, mendorong, lalu menceburkan kembali paus yang masih hidup. Tampaknya, sekitar 50 berhasil kembali ke laut. Namun, 80 hingga 90 lainnya terdampar lagi di tempat yang sama lima jam kemudian.

“Ada sekitar 300 mobil berisi banyak orang yang datang membantu. Mungkin lebih 400 orang membantu menangani ratusan paus yang berat,” kata Ranger di Departemen Konservasi Komunitas, Kath Inwood, dikutip CNN. “Banyak orang sudah cepat tanggap dan memiliki pengetahuan untuk membantu evakuasi.”

Menurut Inwood, pantai itu memang sering menjadi tempat terdamparnya paus. Warga setempat sudah terlatih menjaga mamalia itu agar tetap nyaman saat terdampar dan terlatih membantu mereka ke laut kembali. Namun, upaya penyelamatan kemarin malam sempat dihentikan demi keselamatan relawan.

“Biasanya ada paus terdampar antara November dan Maret. Jumlahnya satu atau dua ekor. Namun, sudah bertahun-tahun kami tidak melihat yang terdampar dalam jumlah besar. Nah, kali ini jelas jumlahnya sangat besar dibandingkan dengan yang dulu-dulu,” kata Inwood.

Kasus terbesar di Selandia Baru terjadi pada 1918 ketika 1.000 paus terdampar sendiri di Kepulauan Chatham. Kasus terbesar kedua terjadi di perairan Auckland pada 1985 ketika 450 hiu mati terdampar di pantai.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER