Penyuap Bupati Batubara Ajukan Jadi Justice Collaborator

0
61
Terdakwa Maringan (baju putih) mendengarkan tuntutan KPK. (foto:Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar masing-masing dituntut selama 3 tahun penjara karena memberikan suap kepada Bupati Batubara nonaktif Ok Arya Zulkarnain dan Kadis PUPR Dinas Pemkab Batubara, Helman Herdady untuk mendapatkan proyek pengerjaan infrastruktur di Kabupaten Batubara.

“Meminta kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini agar menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama 3 tahun penjara dikurangi masa tahanan, denda Rp100 juta dan subsider 6 bulan kurungan,” ucap Penuntut Umum KPK, Ihsan, di Ruang Cakra 1 Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (25/1).

Kedua terdakwa dianggap terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut sebagaimana dalam dakwaan Primair Pasal 5 ayat 1 huruf a UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Loading...

“Adapun hal yang memberatkan, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut. Sedangkan hal meringankan, terdakwa sopan di persidangan, koperatif, mengakui dan menyesali perbuatannya, berusia lanjut dan sakit-sakitan,” paparnya.

Dalam kasus ini terdapat tiga proyek berasal dari anggaran Tahun 2017 yang dikerjakan kedua terdakwa. Untuk terdakwa Maringan mengerjakan proyek pembangunan Jembatan Sentang senilai Rp 32 miliar dan proyek pembangunan Jembatan Seimagung senilai Rp 12 miliar. Dari dua proyek itu disepakati fee sebanyak Rp 4,4 miliar.

Sedangkan satu proyek lainnya adalah betonisasi Jalan Kecamatan Talawi senilai Rp 3,2 miliar dengan kesepakatan fee sebesar Rp 400 juta yang dikerjakan terdakwa Syaiful Azhar.

Kemudian, Maringan Situmorang memberikan uang suap sebesar Rp3,7 Miliar kepada Ok Arya yang dititipkan kepada Sujendi Tarsono alias Ayen, Pemilik ‘Showroom Ada Jadi Mobil’ yang merupakan orang kepercayaan Ok Arya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU