close

Mengenal PCOS Yang Sering Tak Disadari Wanita

Agar keseimbangan hormon tetap terjaga, sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat dan teratur. Tak lupa untuk selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

SERUJI.CO.IDPolyscytic Ovary Sindrom atau biasa disebut dengan PCOS adalah salah satu kondisi hormonal pada wanita, yang membuat wanita mengalami masalah dalam kesuburan. Ciri-ciri umumnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Umumnya PCOS ini menyerang pada wanita di usia produktif, yakni usia 15 tahun hingga 44 tahun. Gejala umumnya adalah pembesara pada ovarium dan terdapat kista kecil yang berada di tepi luar rahim.

Akibat kondisi ini menjadikan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ini karena wanita dengan PCOS biasanya memiliki ovulasi kurang.

 

Ciri lain yang muncul bagi wanita dengan PCOS adalah, merasakan tanda PMS pada umumnya, seperti timbulnya jerawat dan payudara terasa kencang dan sakit punggung bagian bawah. Namun tak kunjung mendapat menstruasi.

Baca juga: Jus Tiga Diva, Idola Wanita Yang Mendamba Momongan

Jika sudah begini, wanita jadi sullit hamil karena PCOS menyebabkan organ reproduksi sulit berovulasi.

Selain ciri tersebut, juga terdapat ciri fisik yang menandakan wanita sedang mengalami PCOS, yaitu kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi botak, munculnya lipatan hitam di leher belakang, sekitar ketiak dan selakangan.

Lalu apa pemicu utama munculnya PCOS? Salah satunya bisa jadi karena berat badan berlebih pada wanita. Timbunan lemak yang berlebih terutama pada rongga perut, dengan ukuran lingkaran lebih dari 80 cm, menimbulkan perubahan keseimbangan zat-zat kimiawi tertentu, yang berujung pada menurunnya sensitivitas insulin.

Meski begitu, bagi anda pemilik berat badan normal namun mengalami gejala PCOS, bisa jadi PCOS yang anda derita sifatnya karena keturunan. Sebaiknya, ubah gaya hidup yang lebih sehat dan lebih sering berolahraga. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI