Mengenal PCOS Yang Sering Tak Disadari Wanita

Agar keseimbangan hormon tetap terjaga, sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat dan teratur. Tak lupa untuk selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

SERUJI.CO.IDPolyscytic Ovary Sindrom atau biasa disebut dengan PCOS adalah salah satu kondisi hormonal pada wanita, yang membuat wanita mengalami masalah dalam kesuburan. Ciri-ciri umumnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Umumnya PCOS ini menyerang pada wanita di usia produktif, yakni usia 15 tahun hingga 44 tahun. Gejala umumnya adalah pembesara pada ovarium dan terdapat kista kecil yang berada di tepi luar rahim.

Akibat kondisi ini menjadikan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ini karena wanita dengan PCOS biasanya memiliki ovulasi kurang.

 

Ciri lain yang muncul bagi wanita dengan PCOS adalah, merasakan tanda PMS pada umumnya, seperti timbulnya jerawat dan payudara terasa kencang dan sakit punggung bagian bawah. Namun tak kunjung mendapat menstruasi.

Baca juga: Jus Tiga Diva, Idola Wanita Yang Mendamba Momongan

Jika sudah begini, wanita jadi sullit hamil karena PCOS menyebabkan organ reproduksi sulit berovulasi.

Selain ciri tersebut, juga terdapat ciri fisik yang menandakan wanita sedang mengalami PCOS, yaitu kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi botak, munculnya lipatan hitam di leher belakang, sekitar ketiak dan selakangan.

Lalu apa pemicu utama munculnya PCOS? Salah satunya bisa jadi karena berat badan berlebih pada wanita. Timbunan lemak yang berlebih terutama pada rongga perut, dengan ukuran lingkaran lebih dari 80 cm, menimbulkan perubahan keseimbangan zat-zat kimiawi tertentu, yang berujung pada menurunnya sensitivitas insulin.

Meski begitu, bagi anda pemilik berat badan normal namun mengalami gejala PCOS, bisa jadi PCOS yang anda derita sifatnya karena keturunan. Sebaiknya, ubah gaya hidup yang lebih sehat dan lebih sering berolahraga. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.