close

Mengenal PCOS Yang Sering Tak Disadari Wanita

Agar keseimbangan hormon tetap terjaga, sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat dan teratur. Tak lupa untuk selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

SERUJI.CO.IDPolyscytic Ovary Sindrom atau biasa disebut dengan PCOS adalah salah satu kondisi hormonal pada wanita, yang membuat wanita mengalami masalah dalam kesuburan. Ciri-ciri umumnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Umumnya PCOS ini menyerang pada wanita di usia produktif, yakni usia 15 tahun hingga 44 tahun. Gejala umumnya adalah pembesara pada ovarium dan terdapat kista kecil yang berada di tepi luar rahim.

Akibat kondisi ini menjadikan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ini karena wanita dengan PCOS biasanya memiliki ovulasi kurang.

 

Ciri lain yang muncul bagi wanita dengan PCOS adalah, merasakan tanda PMS pada umumnya, seperti timbulnya jerawat dan payudara terasa kencang dan sakit punggung bagian bawah. Namun tak kunjung mendapat menstruasi.

Baca juga: Jus Tiga Diva, Idola Wanita Yang Mendamba Momongan

Jika sudah begini, wanita jadi sullit hamil karena PCOS menyebabkan organ reproduksi sulit berovulasi.

Selain ciri tersebut, juga terdapat ciri fisik yang menandakan wanita sedang mengalami PCOS, yaitu kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi botak, munculnya lipatan hitam di leher belakang, sekitar ketiak dan selakangan.

Lalu apa pemicu utama munculnya PCOS? Salah satunya bisa jadi karena berat badan berlebih pada wanita. Timbunan lemak yang berlebih terutama pada rongga perut, dengan ukuran lingkaran lebih dari 80 cm, menimbulkan perubahan keseimbangan zat-zat kimiawi tertentu, yang berujung pada menurunnya sensitivitas insulin.

Meski begitu, bagi anda pemilik berat badan normal namun mengalami gejala PCOS, bisa jadi PCOS yang anda derita sifatnya karena keturunan. Sebaiknya, ubah gaya hidup yang lebih sehat dan lebih sering berolahraga. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Apa Itu Kutu Kelamin? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya Agar Tidak Datang

Pernah mendengar tentang kutu kelamin? Apa bahayanya dan apa dampaknya pada manusia?

Mengatasi Rambut Bercabang Agar Tak Semakin Parah

Meski tidak merepotkan, tapi rambut bercabang bisa memperburuk penampilan. Terapkan cara ini dan saatnya ucapkan selamat tinggal pada rambut bercabang.

Manfaat dan Bahaya Mentega yang Perlu Anda Tahu

Rasanya yang gurih membuat masakan menjadi lebih nikmat. Namun apakah mentega layak dikonsumsi terlalu sering?

Makanan-Makanan Ini Adalah Faktor Munculnya Komedo

Segera batasi konsumsi makanan-makanan ini bila anda memiliki masalah serius dengan komedo.

Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari Bisa Menyebabkan Munculnya Komedo

Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan ini bisa menimbulkan komedo pada wajah.

Khasiat Buah Ciplukan, Dulu Diabaikan Sekarang Harganya Mahal

Istilah ada rupa ada harga agaknya cukup menggambarkan khasiat dari buah ini.