Saatnya ke Surabaya, Saksikan Indahnya “Sakura” Bermekaran di Tengah Kota

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Setiap bulan Oktober ada pemandangan indah di Kota Surabaya sejak 5 tahun belakangan. Pemandangan yang biasa hanya bisa disaksikan jika anda sedang jalan-jalan ke kota di Jepang, nun jauh disana. Pemandangan indah yang jadi ciri khas kota di Jepang, yaitu bermekarannya bunga Sakura.

Kini, untuk menyaksikan pemandangan indah tersebut tidak perlu membuat anda harus berencana ke Jepang. Tapi cukup siapkan waktu setiap bulan Oktober untuk jalan-jalan ke kota Surabaya, yang memang sangat dikenal dengan keindahan, kebersihan dan taman-tamannya yang dikelola dengan elok.

Sakura Surabaya
Bunga Tabebuia berwarna merah muda menyambut di gerbang Surabaya, di Jalan Ahmad Yani. (foto:SERUJI)

Ya, pemandangan indah dengan bermekarannya bunga-bunga “Sakura” di sepanjang jalan dapat disaksikan di Surabaya. Berbagai ragam warna, mulai dari merah muda, putih dan kuning. Bergelayut di ujung dahan-dahan pohon Tabebuia –sakura nya Surabaya, bergelombol indah, berayun dihembus semilir angin.

Setiap bulan Oktober, disaat puncak musim kemarau, pohon Tabebuia yang ditanam Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pertama kali 6 tahun lalu dari pemberian seseorang sebanyak lima batang, akan bermekaran dengan indah. Pohon yang kini sudah ditanam lebih dari seratus di berbagai ruas jalan di Surabaya seolah berlomba mempertontonkan keelokan bunga-bunganya.

Sakura Surabaya
Bunga Tabebuia berwarna merah muda di dekat Gedung Graha Pena, di Jalan Ahmad Yani. (foto:SERUJI)

Bunga-bunga yang bermekaran ini sudah bisa anda lihat sejak anda memasuki gerbang Kota Surabaya di Jalan Ahmad Yani. Memasuki kota lewat bundaran Waru, anda disambut pohon yang sedang bermekaran dengan bunga berwarna pink dan putih di sepanjang jalan.

Terus ke tengah kota, keindahan bunga Tabebuia dapat dinikmati di Jalan Raya Darmo, Embong Malang, Taman Surya, Keputeran, Urip Simoharjo, dan di beberapa jalan di pinggir kota seperti di Keputih.

Sakura Surabaya
Bunga Tabebuia berwarna merah muda di dekat Gedung Graha Pena, di Jalan Ahmad Yani. (foto:SERUJI)

Pohon Tabebuia memiliki bunga berbentuk seperti terompet mini, dengan tinggi sekitar 8-15 meter, dan batang yang tidak terlalu besar. Tanaman cantik ini mempunyai beragam warna. Namun, yang sering dijumpai antara lain warna merah muda keunguan, putih, kuning, ungu, dan magenta.

Karena waktu mekarnya bunga ini hanya akan berlangsung 2 minggu, maka segeralah manfaatkan kesempatan untuk melihat bunga-bunga indah ini bermekaran, menghiasai kota nan cantik, Surabaya.

Siapkan waktu anda, …. menyaksikan “Sakura” Surabaya.

Sakura Surabaya
Bunga Tabebuia berwarna merah muda menyambut di gerbang Surabaya, di Jalan Ahmad Yani. (foto:SERUJI)

(Efka/Hrn)

 

4 KOMENTAR

  1. Bunga sakura
    Indah juwita dipandang mata
    Putih gemilang merah warnanya
    Baunya mengikat jiwa

    Bunga sakura
    Di lereng gunung pun dalam kota
    Melambai-lambai bersuka ria
    Sakura bunga jelita

    #Titiek Sandhora…. lebih jadul lagi nih

  2. Terlambat untuk berdusta terlambatlah sudah
    Menipu sanubari tak semudah kusangka
    Yakin akan cintamu yakinkan segalanya
    Perlahan dan pasti daku kan melangkah
    Menuju damai jiwa

    #sakura #Faris RM #Rossa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.