Terkait Kabar Deklarasi Dukungan Pada Jokowi, Begini Penjelasan KAHMI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengklarifikasi beredarnya informasi rencana deklarasi KAHMI-HMI pada calon presiden pada Pemilu 2019.

“Bahwa undangan yang kami terima dari kanda Dr Akbar Tandjung adalah acara untuk peringatan 72 tahun kelahiran HMI, serta dimulainya pembuatan film Lafran Pane, sebagai pahlawan nasional, yang akan dihadiri Bapak Ir Joko Widodo Presiden RI,” kata Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI, Hamdan Zoelva, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (4/2).

Acara itu akan digelar di rumah Akhbar Tandjung, yang adalah penasehat HMI/KAHMI, di Jalan Purnawarman Nomor 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara itu merupakan inisiatif tokoh ini.

Zoelva menjelaskan telah menyampaikan kepada Akhbar beberapa waktu lalu agar tidak ada acara deklarasi dukungan calon presiden saat acara itu. Hal itu disampaikan Majelis Nasional KAHMI saat bersilaturahmi ke rumah Tandjung, pada Jumat (1/2) lalu.

Baca juga: Wapres Sebut Anies Berutang Pada KAHMI

Pesan itu disampaikan untuk mengantisipasi agar KAHMI secara organisatoris tidak terseret kepada politik praktis serta untuk menjaga secara konsisten independensi organisasi.

“Beliau (Akbar) sangat memahami dan menyambut baik harapan dari Majelis Nasional KAHMI itu. Beliau menegaskan, tidak akan menggunakan institusi baik KAHMI maupun HMI untuk kepentingan politik praktis,” tuturnya.

Kalaupun akan dilaksanakan deklarasi dukungan pada capres tertentu, ungkap Hamdan, Akhbar setuju menggunakan nama “Deklarasi Dukungan Sahabat AT untuk Jokowi”.

Baca juga: KAHMI Luncurkan Program Entrepreneur Bentuk Wirausahawan Mandiri

“Dalam pertemuan tersebut juga di sepakati tidak menggunakan kata Dies Natalis HMI, karena Dies Natalis adalah agendanya PB HMI,” ungkapnya.

KAHMI pun menegaskan menghargai sikap dan pilihan politik para alumni HMI yang secara nyata berada di kedua kubu calon presiden-wakil presiden, bahkan banyak di antaranya aktif menjadi tim sukses.

“Kami mengimbau agar dalam melakukan ikhtiar dan langkah-langka politik, tetaplah berkomitmen menjaga keutuhan dan martabat organisasi KAHMI sebagai wadah bersama bagi seluruh alumni HMI, agar tidak dilibatkan dan diseret pada kepentingan politik praktis,” katanya.

Baca juga: Hamdan Zoelva Temui Kapolri Klarifikasi Video Pidato Kapolri

Zoelva menegaskan kabar yang menyebutkan KAHMI menggelar deklarasi dukungan pada pasangan calon presiden-wakil presiden tertentu tidak benar. Ia menghimbau seluruh alumni HMI untuk terus mengembangkan tradisi tabayyun dalam menghadapi berbagai isu, berita, informasi yang belum jelas kebenaran dan belum jelas sumbernya.

“Menginstruksikan seluruh pimpinan KAHMI di semua tingkatan (Majelis Wilayah dan Majelis Daerah) agar senantiasa menegakkan disiplin organisasi dan melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan dimanfaatkannya KAHMI sebagai wadah bersama untuk kepentingan politik, golongan atau kelompok tertentu,” tukasnya. (SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Indonesia Darurat Keadilan