Mampukah SBY Manfaatkan “Pintu Emas” di Pilkada Putaran Kedua

0
223

Analisa Politik SERUJI:

JAKARTA- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono belum memberikan arahan untuk mendukung Ahok-Djarot atau Anies-Sandi pada putaran kedua Pilgub DKI. Tentu ini menjadi teka-teki. Beda misalnya, PAN sudah memberi lampu hijau dukung Anie-Sandi.

Akankah SBY segera memutuskan ? Kabar itu ditunggu. Kalau sehari sebelum PILKADA DKI, SBY seolah menjadi “sasaran tembak” karena “nyanyian” Antasari, dan merembet kemarahannya hingga saling tuduh dan bantah dengan Istana,  tapi pasca PILKADA, SBY tiba-tiba mendapat “anugerah” karena sikap sportif Agus dipuji  banyak pihak dan diam-diam. Sejumlah pihak bahkan mulai meloby SBY.

“Pintu emas”  telah dibukakan oleh keadaan  untuk SBY. Tentu  tinggal SBY yang mampu atau tidak memanfaatkan peluang itu.  Akankah SBY berani bersikap memilih Ahok atau Anies? Masyarakat sedang menunggu.

Pilihan SBY akan menjadi penting karena menunjukkan siapa sebenarnya SBY dalam kontelasi politik hari ini. Meski banyak kalangan mengkhawatirkan sikap “ragu-ragunya “  yang biasa terbawa dalam sikap politiknya, sehingga memilih tidak memilih alias netral.

Sekretaris Timses Ahok-Djarot, Ace Hasan Syadzily, misalnya, sangat disayangkan sekali jika SBY memilih untuk bersikap nonblok. Suara PD dan partai-partai pendukung Agus-Sylvi kini memang tengah diperebutkan oleh kubu Ahok-Djarot dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Kalau Pak SBY nonblok, pendukung mereka kan warga Jakarta. Kalau tidak menentukan pilihan, kan sayang,” kata Ace.

Politikus Golkar ini menyebut sikap legawa Agus-Sylvi yang secara kesatria mengakui kekalahannya perlu didukung oleh partisipasi pemilih mereka di putaran kedua Pilgub DKI. Ace juga berharap agar SBY tidak memilih nonblok.

Kekhawatiran atas keraguan SBY, salah satunya bisa juga dibaca saat  Ketua Dewan Pembina PD EE Mangindaan menyebut membebaskan pilihan kepada DPP.

“Kalau menurut saya dibebaskan saja, kemampuan masing-masing pribadi menilai siapa yang pas untuk jadi lebih pas,” ungkap Mangindaan di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

EDITOR: Yus Arza

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA
Megawati Soekarno Putri

Megawati dan Mahfud MD Digaji Ratusan Juta di Dewan Pengarah BPIP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42/2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Pemimpin, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan...

Manfaat Puasa Sebagai Restorasi Alami

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - Pernah dalam suatu tayangan TV Animal Planet, saya lihat pada musim kawin beberapa ekor singa...

PKPU Human Initiative Kaltim ajak semua orang untuk jadi Pahlawan Sejati

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - PKPU Human Initiative menggelar Event “Infinity Happiness” di Giant Ekstra , Sabtu (26/5). Acara yang tersebut merupakan rangkaian program “Bahagia Bersama...

Infinity Happiness, Sebuah Persembahan PKPU HI untuk Anak Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menyemarakan bulan suci Ramadan 2018, PKPU Human Initiative (PKPU HI) menggelar Big Event “Infinity Happiness” di Plaza Gandaria City, Sabtu (26/5). Acara...

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...