Ojek Online dan Taksi Online Resmi Dilarang Beroperasi di Batam

BATAM – Dinas Perhubungan (dishub) Kota Batam resmi mengeluarkan surat edaran larangan beroperasinya angkutan berbasis online. Larangan itu terhitung mulai Kamis, 1 Juni 2017.

“Mereka tidak boleh beroperasi sementara waktu, hingga memenuhi persyaratan dan prosedur yang tertuang dalam Permenhub nomor 26 tahun 2017,” kata Kepala Dishub Batam, Yusfa Hendri kepada wartawan, Kamis (1/6).

Yusfa menyebutkan di Batam saat ini terdapat enam aplikasi untuk ojek online, diantaranya Wakjek, Gojek, Grab, Tripi, Indotiki dan Uber. Semua moda transportasi itu diminta harus memenuhi beberapa prosedur jika ingin beroperasi kembali.

“Angkutan umum harus memiliki badan usaha, mengikuti uji kir, dan memiliki kartu pengawasan,” jelasnya.

Selain itu, kata Yusfa, angkutan berbasis online juga harus mengurus plat angkutan khusus, sebagai salah satu persyaratan beroperasi dan penanda mereka angkutan berbasis online.

Yusfa mengungkapkan pertumbuhan angkutan berbasis online di Batam cukup signifikan dalam jangka waktu kurang dari satu minggu. Hingga saat ini setidaknya 900 motor dan 100 mobil telah bergabung dengan perusahaan angkutan online.

Di tempat terpisah Wali Kota Batam Rudi juga angkat bicara soal penghentian operasi transportasi berbasis online ini.

Rudi mengatakan, penghentian operasional ojek online sifatnya sementara dan dijamin tidak akan mempengaruhi mata pencaharian para pekerja ojek online. Lantaran, para pekerja ojek online bisa beralih menjadi ojek pangkalan untuk sementara waktu.

“Tidak mungkin nganggur. Kan bisa kembali jadi ojek pangkalan dulu,” kata Rudi kepada wartawan, Kamis (1/6).

Rudi juga memberi saran, para pekerja ojek online bisa promosi di media sosial untuk mencari pelanggan karena aplikasi online mereka untuk sementara ini dihentikan.

“Ojek online itu kenapa dihentikan? Karena terkait badan hukumnya. Jadi, perusahaannya harus memiliki izin,” ujarnya.

Rudi mengatakan, saat ini pihaknya masih berupaya agar ojek online dan ojek konvensional dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi saat ini.
Termasuk soal perbedaan tarif di antara keduanya.

Rudi mengakui, transportasi online memang memiliki sejumlah kelebihan. Terutama karena menggunakan aplikasi di smartphone. Selain itu, jasa mereka tidak hanya melayani untuk pengantaran orang, bisa juga untuk lainnya, seperti barang dan surat. Namun dalam hal ini, kata Rudi, tetap harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Di satu sisi memang bagus, canggih, tapi administrasinya juga harus dilengkapi. Patokan kita di pemerintahan ini adalah undang-undang. Tak ada alasan lain,” pungkasnya. (IwanY)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

NKRI Adil dan Beradab

Mempertentangkan syariat Islam dengan Pancasila adalah ahistoris dan tidak logis. Apalagi, faktanya, syariat Islam memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Muslim Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER